Lompat ke konten
Home » Gunung Selok Cilacap Destinasi Wisata Religi Di Pantai Selatan Jawa

Gunung Selok Cilacap Destinasi Wisata Religi Di Pantai Selatan Jawa

Gunung Selok Cilacap.

Hai semua! Apakah kalian pernah dengar tentang Gunung Selok di Cilacap? Well, saya rasa siy banyak yang sudah tahu. Gunung Selok di wilayah pantai selatan Cilacap ini memang terkenal, meskipun lebih terkenal sebagai kawasan yang penuh mistis.

Di gunung ini terdapat beberapa tempat meditasi atau pertapaan yang dikunjungi oleh khalayak dan juga banyak para tokoh besar. Tokoh-tokoh besar Indonesia yang pernah datang antara lain presiden Soekarno dan Soeharto.

Kalian tertarik untuk mengetahui ada apa saja yang ada di gunung Selok? Yuk ikuti ceritaku ya!

Letak Gunung Selok

Gunung Selok berada di daerah pesisir pantai selatan Jawa Tengah. Merupakan bukit yang menyerupai gunung di tepi pantai. Terletak di desa Karangbenda Kecamatan Adipala Kabupaten Cilacap.

Selain gunung Selok, di wilayah ini juga terdapat gunung atau bukit lain yang terkenal dengan nama gunung Srandil. Sama dengan Selok, gunung Srandil pun tidak kalah terkenal sebagai kawasan religi yang penuh aura mistis. Terletak persis disebelah gunung Selok.

Kalau kalian sempat mengikuti mbak Rara Sang Pawang hujan Mandalika, ternyata ia juga sempat singgah ke Gunung Srandil. Keperluannya tentu saja melakukan ritual kejawen dan Larung ke pantai Selatan.

Destinasi wisata yang ada di gunung Selok Cilacap

Apa sih mistisnya? Nah bagi kalian yang belum tahu informasi apapun dari gunung Selok, pasti penasaran! Jadi, dalam satu wilayah bukit ini terdapat beberapa kawasan-kawasan yang dianggap memiliki tempat istimewa sebagai tempat ziarah, meditasi maupun bertapa.

1. Petilasan Jambe Pitu

Petilasan Jambe Pitu dikenal juga dengan sebutan Pertapaan Ampel gading. Tempat ini merupakan tempat ziarah Presiden Soeharto.

Saat saya berkunjung kesana, kami hanya bisa sampai pintu depan karena tempat ini memang tertutup. Niat kami memang hanya main untuk mengobati rasa penasaran, jadi kami merasa cukup saja sampai di depan. Dan lokasi ini memang tertutup dan areanya dikelilingi tembok setinggi 2 meter.

2. Petilasan Jambe Lima

Petilasan Jambe Lima juga sering disebut sebagai petilasan cemara Putih. Dibandingkan dengan Petilasan Jambe Pitu, bangunan disini jauh lebih sederhana. Hanya ada satu bangunan tempat untuk bermeditasi tanpa ada pagar yang mengelilinginya.

Bangunan utama yang ada di petilasan Jambe Lima berupa bangunan seperti rumah petak. Terdiri dari tiga ruang yaitu teras, lalu ruang tengah berbentuk segi empat untuk istirahat dan ruang utama berbentuk segi enam untuk bermeditasi.

Di dalam ruang utama terdapat lukisan nyai Roro kidul, di dindingnya juga ada ornamen lukisan lain. Selain itu, terdapat pula empat kursi, dua buah pusara serta sebuah altar pemujaan.

Jika, petilasan Jambe Lima merupakan tempat meditasi mantan presiden Soeharto, petilasan Jambe Pitu ini terkenal sebagai petilasan Presiden Soekarno. Dan hingga kini masih banyak tokoh penting yang berkunjung ziarah ke tempat ini.

Saat saya berkunjung kesana, kami ditemani Mas Hadoko putra juru kunci disana. Sebagai tuan rumah atau keluarga kuncen mereka cukup ramah menerima tamu yang datang dengan segala macam keperluan. Seperti saya yang sekedar mencari informasi ada apa disana.

3. Padepokan Agung Sanghyang Gunung Jati Jambe Lima

Padepokan Agung Sanghyang Gunung Jati berada tepat di sebelah Petilasan Jambe Lima. Posisinya berada di puncak gunung Selok yang sejuk dan asri.

Tempatnya luas dengan bangunan baru yang kalau saya simpulkan tidak mencerminkan khas rumah ibadah agama tertentu. Kenapa? Banyak bangunan yang mencerminkan kemajemukan masyarakat Indonesia.

Meskipun pimpinan di sana seorang banthe, tapi beliau merangkul semua jamaah yang datang tidak hanya dari mereka yang beragama Buddha, namun para penganut aliran kepercayaan dan kejawen juga banyak yang ritual disana. Bahkan banyak tamu dari luar kota yang ingin meditasi, konsultasi atau sekedar healing mencari kedamaian.

Tiket masuk ke Wilayah Gunung Selok

Pada saat saya main ke sana, tiket masuk berada di gerbang masuk area gunung Selok. Harganya murah cuma Rp 4.000,- per orang. Besaran tiket bisa berubah sewaktu-waktu, ya?!

Sekian ceritaku dari gunung Selok Cilacap. Masih sedikit dari banyaknya kisah dan tempat yang ada di sana. Karena waktu terbatas, jadi tidak bisa eksplor semua lokasi.

FYI, selain tempat untuk ziarah dan tempat wisata religi, ada juga destinasi wisata yang menawarkan keindahan alam. Namanya Selok View, katanya dari sana kita bisa lihat pemandangan indah baik itu gunung Selok maupun hamparan laut selatan.

Tertarik untuk berkunjung ke sana?

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.