Lompat ke konten
Home » Kegiatan Mengisi Waktu Ramadhan Untuk Anak-Anak

Kegiatan Mengisi Waktu Ramadhan Untuk Anak-Anak

Kegiatan mengisi waktu ramadhan bagi anak di rumah.

Kalian orang tua dan sedang mendampingi anak-anak belajar puasa? Jika iya, tetap sabar ya? Aku juga sedang berada di masa ini, mendampingi anak belajar puasa.

Alhamdulillah ramadhan kali ini sudah sangat berbeda dengan dua tahun kemarin. Ramadhan kali ini sudah lebih longgar dan mulai bisa beraktivitas normal di luar.

Semoga ini menjadi hal baik dan berakhirnya pandemi. Namun, meskipun lebih longgar, tetap harus jaga kesehatan dan taat dengan prokes ya! Dan jika tidak penting-penting sekali, usahakan banyak waktu di rumah menemani si kecil belajar puasa.

Kira-kira kegiatan apa saja yang seru bagi anak saat belajar puasa di rumah?

Kalau waktunya hanya dihabiskan untuk menonton TV atau lihat YouTube kan kurang manfaat. Belum lagi kalau lihat iklan makanan dan minuman. Wah, itu menggoda sekali puasa anak-anak. Kayak Sulthon, dia kalau lihat iklan makanan di TV langsung panik dan gelesotan, hahaha.

5 Kegiatan mengisi waktu ramadhan bagi anak

1. Mengaji

Bisa direncanakan nih jadwal ngajinya. Misal habis subuh. Jika di bulan ramadhan biasanya selepas jamaah subuh anak-anak banyak yang jalan-jalan bersama teman sekitar, kini di gani dengan mengaji. Ngajinya di dampingi ayah bunda, ya? Kebiasaan baik ini bisa diterapkan juga untuk kegiatan hari-harinya selepas ramadhan.

2. Membaca buku

Kita bisa sediakan buku-buku baru agar anak tertarik dan tidak cepat bosan. Pilihkan buku sesuai minatnya. Jika tidak ada buku baru, bisa buka buku digital. Banyak kok yang menyediakan, seperi perpustakaan nasional maupun daerah.

3. Menggambar atau lakukan aktifitas hobi lainnya

Menggambar bisa menjadi kegiatan seru buat anak. Membuat puasanya tak terasa lambat. Atau fasilitasi apa saja yang jadi hobinya.

4. Luangkan waktu khusus untuk bermain bersama anggota keluarga

Bermain apa ya yang seru dilakukan bareng anggita keluarga. Jika punya anak masih kecil bisa ajakin main ular tangga atau petak umpet. Yang penting anak happy, dan pasti menguatkan bonding hubungan antar anggota keluarga lho.

5. Kenalkan anak dengan kegiatan hobi orang tua

Apa saja? Misal libatkan anak saat memasak. Ajak terlibat saat menyiapkan buka puasa. Kenalkan aneka bahan makanan dan cara mengolahnya.

Tapi kegiatan ini agak beresiko anak nggak tahan pengen cobain masakannya lho ya?!

Sekian kegiatan mengisi waktu ramadhan bagi anak di rumah, semoga bermanfaat 🙂

Baca juga :

1 tanggapan pada “Kegiatan Mengisi Waktu Ramadhan Untuk Anak-Anak”

  1. Sangat bermanfaat, sebenrnya sih udah tau kegiatan-kegiatan apa aja yg sekiranya bermanfaat, tapi dengan membaca blog begini jadi lebih diingatkan lagi, terima kasih sharingnya 🙂

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.