Manfaat Menggunting Bagi Anak Usia Dini

Boleh kok Adek menggunting, tapi hati-hati ya mainan guntingnya!

Diusia berapa anak boleh mainan gunting? Kalau menurut saya sih nggak ada batas sekian-sekian. Kita orang tua yang harus tahu kapan anak kita siap main gunting.

Anak saya, sekitar 2 tahunan sudah sibuk ngerecokin kami, orang tuanya kalau lagi pakai gunting. Lalu sikap kita harus gimana kalau anak masih terlalu dini. Bahaya banget dong? Iyesss, solusinya ya kasih aja gunting mainan.

Jadi, menurut saya gitu aja yang penting anak memang siap megang gunting. Mesti pakai gunting mainan tetap harus diperhatikan dan diawasi, yes?

Misal dialihkan dengan kegiatan motorik yang lain kan bisa. Memang, bisa aja anak diajak mainan yang lain. Messy play, meremas dan merobek kertas bekas, corat-coret gambar dan mewarnai, meronce atau apapun boleh banget sih. Tapiiiiii, nggak mungkin juga kan selalu melarang kemauan anak. Anak-anak itu suka eksplor, pasti lihat orang menggunting mereka mau coba juga.

Baca juga Kegiatan Melatih Motorik Halus di Rumah

Jangan disepelekan juga sih mainan gunting buat anak-anak. Kenapa? Karena kegiatan ini banyak manfaatnya.

Manfaat Menggunting Bagi Anak Usia Dini

  • Menguatkan Motorik Halus. Kegiatan menggunting ini dilakukan sebagai persiapan anak belajar menulis, lho. Ketika kita rajin stimulasi motorik halus anak, pastinya makin kuat dong. Nggak kaku ketika saatnya tiba anak mulai menulis.
  • Melatih koordinasi mata dan tangan. Menggunting itu butuh keterampilan, harus melalui proses latihan berulang-ulang. Butuh koordinasi antata mata dan tangan yang bekerja bersamaan. Ini pentingnya, jelas ada manfaat untuk perkembangan otak anak usia dini ketika beberapa indera distimulasi bersama.

Baca juga Dapur Sebagai Laboratorium Lenfkap Untuk Stimulasi Panca Indera AUD

  • Melatih Konsentrasi. Jadi, ketika menggunakan gunting perlu konsentrasi. Koordinasi antara semua tangan, kanan kiri, dan mata. Jadi, kalau punya anak yang susah untuk konsentrasi, menggunting ini bisa jadi salah satu pilihan terapi.
  • Melatih Kesabaran, Menggunting ini dipercaya bisa jadi stimulus untuk melatih jiwa kesabaran anak. Dan saya percaya dong? Gimana sama pembaca semua?
  • Meningkatkan daya Kreavitas dan Seni. Untu awal mula kegiatan menggunting, saya biarkan anak menggunting bebas, baru setelah semakin luwes saya buatkan aneka macam garis untuk ia gunting. Saya sih percaya, kegiatan ini bakal meningkatkan daya kreativitasnya.

Bagi kita orang dewasa memang ini hal sepele ya? Tapi, ketika kita sudah tahu manfaatnya nggak akan lagi melarang si kecil main gunting ya?

Karena mainan ini mudah dan murah untuk kita dapatkan, sering-sering aja lakukan di rumah. Karena setahu saya, banyak tuh orang tua yang belum peduli soal mainan yang bermanfaat untuk perkembangan anak.

Baca juga Membuat Palydough Sendiri di Rumah

Sekian ceritakuuuu, yuks senang-senang mainan sama anak ?

47 pemikiran pada “Manfaat Menggunting Bagi Anak Usia Dini

  1. putriku juga usianya hampir 2 tahun dan suka eskplor gitu mbak termasuk pegang gunting walaupun sama kakeknya sering dilarang-larang. Kalo sama ortunya mah dibolehin aja asalkan sambil diawasi. Terimakasih informasinya mbak, sangat bermanfaat buat aku yang masih baru banget dalam hal mendidik anak. Salam kenal

    1. Iya nih mbak, saya juga punya pengalaman dalam mendidik anak pasti kebijakan atau cara kita seringkali berbeda sama orang tua, hiks. Kekhawatiran eyangnya kadang terlalu berlebihan. Salam kenal kembali ☺

  2. Aahh biasanya kalo Mamak2 keanaknya gini..
    “jangan main gunting, nanti tangannya sakit hihii
    Jaman sekarang mah ternyata banyak manfaatnya buat anak ya Mak, asalkan didampingi, sekaligus meningkatkan bonding.

  3. memang banyak manfaat belajar menggunting. karena kalau nggak pernah belajar menggunting, bisa jadi sampai dewasa pun nggak rapi saat menggunting

  4. Setuju Mak sama poin-poin manfaatnya. Dan aku pun enggak melarang anak-anakku saat pegang gunting. Tapi kalau yang usia di bawah 3 tahun, aku harus selalu di deketnya. Takut salah pegang atau kena ke badan 🙂

  5. Shasa ponakan saya, udah pandai ngegunting. Awal dia belajar, saya yang takut2. Saya yg heboh sendiri kalau dia main gunting. Ahahah yg penting diawasi.. Dia jadi lebih teliti dan konsennya baik

  6. si kecil di rumah juga dari 2 tahun udah bisa ngerunting. Guntingnya khusus gunting kertas aja. Dan emang kelihatan sih, setelahnya dia bisa megang pena bahkan tanpa diajari.

    1. Betul mbak, anak saya bisa megang pensil bener tanpa saya koreksi, awalnya masih kaku san salah posisi, karena sering di stimulasi kegiatan motorik lama2 bener dan luwes

  7. Anakku kubiarkan saja kalau dia sudah mulai tertarik menggunting. Tentunya diawasi. Dan guntingnya simpan di tempat gak terjangkau sama dia supaya gak dia ambil tanpa sepengetahuan orang dewasa.

  8. Jd inget dulu waktu paksi kecik
    Salah satu catatan saat tumbang nya dulu ada di motorik halusnya.
    Dari sekian banyak latihan motorik halus
    Gunting bergerigi salah satu yg dia suka.
    Tingkat kesulitan nya cukuo tinggi buat dia tp saat behasio menggunting meski masih acak adut, keliatannya dia bangga banget

  9. Lucu banget mbak, dikasih garis & disuruh motong ngikutin garisnya itu. Cocok banget sebagai games sederhana buat ngembangin kemampuan si kecil hihihi

    Makasih lho sharing-nya, mbak. Nggak kepikiran “sekedar” aktivitas sederhana kaya gitu sebenarnya banyak manfaatnya utk anak.. 😀

  10. Betul semua poin-poinnya. Anakku baru aku ajarin pegang gunting saat usianya 4 tahun, tapi ya gitu deh, masih dipegang pake 2 jari. Tapi alhamdulillah sudah agak meningkat sih menurutku.

  11. sepakat mb, memang harusnya menggunting ini diajari sedini mungkin, selain bagus buat motoriknya, anak juga terbiasa hati-hati berhadapan dengan gunting, jadi kita malah gak khawatir 🙂

  12. Kalau gunting yang penting didampingi ya. Klo kakaknya sih udah bisa, adiknya ini kadang pengen nyoba juga. Walau deg-degan ibunya. Tapi pengen kubeliin yang plastik kids friendly gt

  13. Alhamdulillah, dua anakku yang kecil udah rapi menggunting. Mereka sebenarnya ‘curi-curi’ main gunting ini. Aku selalu takut, tangan mereka kegunting. Eh ternyata mereka bisa sendiri.

  14. Iya nih, anak-anak suka pengen ikutan ngegunting kalau lihat orang tuanya sedang menggunting sesuatu. Mereka memang senang meniru ya…
    Saya sendiri lebih memilih tidak melarang tapi perlu diawasi terus, sih…

  15. Dulu waktu anakku pertama kali bisa megang gunting aku kasih gunting plastik aja terus belajar gunting kertas dan dia berhasil. Lama-lama belajar megang gunting beneran dan ternyata lancar saja. Senangnya.

  16. Sama kayak anakku dulu tak belikan gunting seperti itu juga waktu awal mulai menggunting. Kalau sekarang sudah gak mau lagi dia pakai gunting seperti itu, katanya kayak mainan. Apalagi menggunting kertas warna juga membantu untuk dia mengenal warna.

  17. Anakku suka banget menggunting. Akhirnya kubelikan gunting khusus anak yg buat kertas itu mbak.
    Ternyata banyak ya manfaat menggunting. Sampai bisa melatih konsentrasi gtu… Tfs

  18. Anakku juga suka Mbak. Kalau yang gede aku ajari dulu pakek gunting plastik. Sedangkan yang kecil gak mau, katanya gak kayak punya ibu. Akhirnya lgs pakek gunting kecil tapi ya didampingi terus. Alhamdulillah memang sangat membantu motorik halusnya.

  19. Pas anakku masih kecil, aku anggap sepele loh kegiatan menggunting itu. Padahal punya nilai yang penting. Apalagi skarang anakku kalau gunting lebih rapi daripada aku

  20. Anak saya umur 10 tahun..tetapi mengapa dia masih suka menggunying kertas,,terkadang itu membuat saya bingung..apakah tidak apa apa ..soalnya anak saya sampai lupa d3ngan pr sekolahnya..apa yang harus saya lakukan

    1. Malam kak Hotmaida, mungkin anaknya sedang merasa bosan dengan rutinitas, masih school from home kan ya? Untuk PR pinter²nya orang tua atur waktu belajar.

      Btw, bisa jadi anak kakak punya bakat di bidang kreatif, ada kan kirigami, kasih aja video yang bisa untuk ngembangin bakatnya kakak 🙏

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *