Anak Suka Main Playdough? Buat Sendiri di Rumah, Yuuuk.

Hai semua.

Semua pasti tau playdough dong! Clay warna-warni yang disukai anak-anak sejagad raya. Kalau jaman saya kecil nggak kenal loh, maklum di kampung. Tapi tetep suka main uplek-uplek clay alamiah alias tanah liat.

Kali ini saya mau bagi resep bikin mainan playdough dengan resep yang paling sederhana. Iya, sederhana dan gampang. Saking gampangnya, anak saya yang 4 tahun bisa bikin sendiri. Dengan bantuan saya sih, saat mengukur bahannya.

playdough bikinan dia sendiri

Bahannya di toko kelontong dekat rumah insya Allah ada. Nggak ribet, nggak aneh-aneh, nggak perlu minyak, nggak perlu shampoo atau handbody, atau nggak perlu cream of tartar itu lah. Ya kalau ada siy hasilnya lebih oke. Tapi yang ini saya jamin juga oke kok. Yuk ah, siapin dulu bahan-bahannya.

Baca juga membuat rainbow rice

Bahan membuat playdough

  • Tepung terigu 1/2 kg
  • Tepung kanji/aci 1/4 kg
  • Pewarna makanan
  • Air
  • Sejumput garam
bahan-bahan membuat playdough

Cara membuat playdough

  • Campur terigu dan kanji, perbandingan 2:1. Saya pakai ukuran 2 sendok terigu dan 1 sendok kanji, sedikit memang karena saya bikin per warna.
  • Masukan 2-3 tetes pewarna pada setengah gelas air
  • Masukan sejumput garam pada campuran tepung
  • Tuang air pewarna sedikit demi sedikit sambil diuleni. Kebutuhan air disesuaikan dengan tingkat kekalisan playdough ya! Kalau terlalu lembek tambah tepung lagi. Kalau kekeringan tambah air lagi.
  • Setelah Kalis siap dimainkan. Bisa disimpan di wadah tertutup untuk main esok lagi.
semua bahan playdough dicampur
playdough mulai kalis

Baca juga melatih motorik halus di rumah

Nah, gampang sekali kan? Nggak perlu siy keluarin banyak uang buat beli playdough instan, mending buat beli mainan lain, misal buku gitu!

Baca juga cuma perlu satu buku

Resep ini saya dapat dari sekolah paud sulthon. Sebelumnya siy suka bikin dengan resep searching Google, tapi ya agak ribet, pakai minyak dan lain-lain itu. Begitu dapat yang ini langsung suka, karena prosesnya gampang, murah dan bahan gampang dicari.

Untuk manfaat main playdough ini sudah nggak perlu ditulis panjang lagi ya? Yang pasti anak balita itu ya butuh mainan yang bisa menguatkan motorik, sampai nanti anak siap menulis. Okay gitu saja ya!

Kalau untuk ide main dengan playdough mah tinggal kasih aja ke anak. Biar mereka bermain sesuka hati mau dijadikan apa saja. Biar saya kreatifitas anak juga berkembang.

kreasi dengan playdough

Sekali lagi ini mudah, murah dan sangat sederhana bikinnya. Yuuuks ah yang punya balita segera eksekusi.

Sekian sharingnya, semoga bermanfaat. Aamiin.

Mungkin Anda juga menyukai

45 Respon

  1. tanti amelia berkata:

    yang jelas aman banget ya buat anak anak, dan ga worry habis hahahah

  2. Sandra Nova berkata:

    Aku blm pernah bikin sendiri, tapi raya doyan banget main playdough. sebelnya itu playdough2 yg dibeli pasti berubah warna kalau udah dicampur2 trus warnanya jadi aneh, dan akhirnya dibuang aja… sedih aqutuuuu… hiks
    Kayaknya ntar aku mau nyoba bikin pake resep ini ah, ngajakin raya bikin juga biar lebih seruu πŸ˜€

  3. kanianingsih berkata:

    ngga perlu pake oil-oil y mba, mau coba ah buat sendiri di rumah..mksh resepnya

  4. Ternyata gampang juga ya bikin playgough ini, bisa diberi warna macam-macam pula dengan pewarna makanan, jelas lebih aman buat si kecil.
    Ntar mau bikin juga ah buat keponakanku.

  5. Ucig berkata:

    Aku nggak pake tepung aci mbaa terus nggak pake minyak jg.. ini lucu deh warna2nyaaa 😍 mudah dan murah meriah ya. Anak2 jadi happy karena proses bikin dan abis itu mainin yaa

  6. Himawan Sant berkata:

    Kebetulan nemu resep bikin playdougnya disini … ijin kuskrinsyut ya buat ponakanku yang demen banget mainan ini, sampai tidur aja dipegangin terus πŸ˜€

    Ekspresi fotonya anaknya kakak, keren …

  7. Keke Naima berkata:

    Dulu juga saya suka bikin sendiri. Melibatkan anak-anak juga biar mereka makin senang. Kalau beli melulu lumayan harganya πŸ˜€

  8. Yati Rachmat berkata:

    Wah, bunda udah gak punya cucu balita, tp ini boleh juga sih jg aktivitas utk memicu daya kreadi anak wlp di udah gak balita lg.

  9. Iya mbak ini resepnya mudah dan murah ya…yang di google agak ribet semua.
    Saya copas ya…Makasih sudah berbagi πŸ™‚

  10. Dedew berkata:

    Wah seru banget bisa bikin dough sendiri ya lebih murah dan aman karena kota tahu apa saja kandungannya

  11. deady berkata:

    mantap nih
    bisa diaplikasikan di tk anak saya
    semoga mereka seneng main ginian

  12. Eri Udiyawati berkata:

    Wah… ternyata mudah juga ya bikin Playdough. Bahan-bahannya juga simple, enggak perlu sesuatu yang ribet. Makasih sharingnya ya, Mba Lina.

  13. Bisa menumbuhkan kreativitas ya kalau bikin playdoughnya diajak barengan. Anak juga suka karena bisa pilih warna sesuai keinginannya. Mengaduk adonang play dough dan memainkannya bisa jadi keasyikan tersendiri.

  14. ade anita berkata:

    hihihi iya bener.. bikin adonan play dough itu gampang ya. lebih hemat jika kita bikin sendiri jadi bisa bikin koleksi aneka macam warna sesuai keinginan

  15. Anak-anak tuh seneng banget kalo diajakin bikin playdough gini, bisa seharian nguleni adonannya dibikin piza atau mobil–mobilan

  16. Yoanna Fayza berkata:

    Aku bikin yg dimasak dulu mba, sekalian bikin banyak trus simpen di kulkas buat stok sebulan. Ketauan emaknya males disuruh sering2 bikin hahahaah

  17. Aku pernah bikin ini dirumah jaman belajar sensori dulu, dengan ending anak gembira sekali bisa bikin play dough sama bundanya. Ini pun sempat menjadi anadalan banget dulu.

  18. Evi berkata:

    Kayaknya yang penting kreatif ya mbak. Dengan kreativitas dan sedikit mau belajar, alat permainan bagi anak-anak tidak perlu beli. Bikin sendiri selain lebih murah pastinya juga lebih puas, karena karya sendiri

  19. Artha Amalia berkata:

    ponakan saya doyan main beginian. kapan2 ah bikin berdua dengannya. pasti prosesnya makin seru dan dia bakal lebih menghargai, gak dibuang2 lagikalau bosen, hehe

  20. Leyla berkata:

    Gampang banget bikinnya. Modal ga sampe 10 ribu. Kalo beli mah bisa sampe 50 ribu ya playdough yang bermerk.

  21. Damar Aisyah berkata:

    Warnanya cakep! Cerah banget. Aku juga sering bikin sama anak-anak. Biasanya aku tambahin minyak goreng satu sendok.
    Nah, kalau nyimpen aku bungkus plastik wrap trus masuk kulkas. Mayan sih, agak irit. Hehehe

  22. Indah Nuria berkata:

    BUat playdough di rumah pun bisa bangeet ya mba.. dan ngg susah, asal mau dikerjain hehehe

  23. herva yulyanti berkata:

    anakku mba demen banget dah mainplaydough beli macem2 warna kadang juga dikasih sama temennya ga ada yang awet jadi mendingan bikin ya gampil begini ternyata bikinny

  24. lendyagasshi berkata:

    Bisa bikin dough sendiri ini memang banyak manfaatnya yaa…selain menghemat budget beli mainan juga lebih aman karena dari bahan yang bisa dimakan.

  25. Ida Raihan berkata:

    Wow… bisa bikinin anakku deh ini. Anakku demen banget mainan bginian. Bisa hemat klo bikin sendiri tentunya.9

  26. Andiyani Achmad berkata:

    Ku pernah bikin bareng anak di rumah pakai tepung terigu dan berhasil

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *