Anak Suka Main Playdough? Buat Sendiri di Rumah, Yuuuk.

Hai semua.

Semua pasti tau playdough dong! Clay warna-warni yang disukai anak-anak sejagad raya. Kalau jaman saya kecil nggak kenal loh, maklum di kampung. Tapi tetep suka main uplek-uplek clay alamiah alias tanah liat.

Kali ini saya mau bagi resep bikin mainan playdough dengan resep yang paling sederhana. Iya, sederhana dan gampang. Saking gampangnya, anak saya yang 4 tahun bisa bikin sendiri. Dengan bantuan saya sih, saat mengukur bahannya.

playdough bikinan dia sendiri

Bahannya di toko kelontong dekat rumah insya Allah ada. Nggak ribet, nggak aneh-aneh, nggak perlu minyak, nggak perlu shampoo atau handbody, atau nggak perlu cream of tartar itu lah. Ya kalau ada siy hasilnya lebih oke. Tapi yang ini saya jamin juga oke kok. Yuk ah, siapin dulu bahan-bahannya.

Baca juga membuat rainbow rice

Bahan membuat playdough

  • Tepung terigu 1/2 kg
  • Tepung kanji/aci 1/4 kg
  • Pewarna makanan
  • Air
  • Sejumput garam
bahan-bahan membuat playdough

Cara membuat playdough

  • Campur terigu dan kanji, perbandingan 2:1. Saya pakai ukuran 2 sendok terigu dan 1 sendok kanji, sedikit memang karena saya bikin per warna.
  • Masukan 2-3 tetes pewarna pada setengah gelas air
  • Masukan sejumput garam pada campuran tepung
  • Tuang air pewarna sedikit demi sedikit sambil diuleni. Kebutuhan air disesuaikan dengan tingkat kekalisan playdough ya! Kalau terlalu lembek tambah tepung lagi. Kalau kekeringan tambah air lagi.
  • Setelah Kalis siap dimainkan. Bisa disimpan di wadah tertutup untuk main esok lagi.
semua bahan playdough dicampur
playdough mulai kalis

Baca juga melatih motorik halus di rumah

Nah, gampang sekali kan? Nggak perlu siy keluarin banyak uang buat beli playdough instan, mending buat beli mainan lain, misal buku gitu!

Baca juga cuma perlu satu buku

Resep ini saya dapat dari sekolah paud sulthon. Sebelumnya siy suka bikin dengan resep searching Google, tapi ya agak ribet, pakai minyak dan lain-lain itu. Begitu dapat yang ini langsung suka, karena prosesnya gampang, murah dan bahan gampang dicari.

Untuk manfaat main playdough ini sudah nggak perlu ditulis panjang lagi ya? Yang pasti anak balita itu ya butuh mainan yang bisa menguatkan motorik, sampai nanti anak siap menulis. Okay gitu saja ya!

Kalau untuk ide main dengan playdough mah tinggal kasih aja ke anak. Biar mereka bermain sesuka hati mau dijadikan apa saja. Biar saya kreatifitas anak juga berkembang.

kreasi dengan playdough

Sekali lagi ini mudah, murah dan sangat sederhana bikinnya. Yuuuks ah yang punya balita segera eksekusi.

Sekian sharingnya, semoga bermanfaat. Aamiin.

45 pemikiran pada “Anak Suka Main Playdough? Buat Sendiri di Rumah, Yuuuk.

  1. Aku blm pernah bikin sendiri, tapi raya doyan banget main playdough. sebelnya itu playdough2 yg dibeli pasti berubah warna kalau udah dicampur2 trus warnanya jadi aneh, dan akhirnya dibuang aja… sedih aqutuuuu… hiks
    Kayaknya ntar aku mau nyoba bikin pake resep ini ah, ngajakin raya bikin juga biar lebih seruu 😀

  2. Aku nggak pake tepung aci mbaa terus nggak pake minyak jg.. ini lucu deh warna2nyaaa ? mudah dan murah meriah ya. Anak2 jadi happy karena proses bikin dan abis itu mainin yaa

  3. Kebetulan nemu resep bikin playdougnya disini … ijin kuskrinsyut ya buat ponakanku yang demen banget mainan ini, sampai tidur aja dipegangin terus 😀

    Ekspresi fotonya anaknya kakak, keren …

  4. Bisa menumbuhkan kreativitas ya kalau bikin playdoughnya diajak barengan. Anak juga suka karena bisa pilih warna sesuai keinginannya. Mengaduk adonang play dough dan memainkannya bisa jadi keasyikan tersendiri.

  5. Kayaknya yang penting kreatif ya mbak. Dengan kreativitas dan sedikit mau belajar, alat permainan bagi anak-anak tidak perlu beli. Bikin sendiri selain lebih murah pastinya juga lebih puas, karena karya sendiri

  6. ponakan saya doyan main beginian. kapan2 ah bikin berdua dengannya. pasti prosesnya makin seru dan dia bakal lebih menghargai, gak dibuang2 lagikalau bosen, hehe

  7. Warnanya cakep! Cerah banget. Aku juga sering bikin sama anak-anak. Biasanya aku tambahin minyak goreng satu sendok.
    Nah, kalau nyimpen aku bungkus plastik wrap trus masuk kulkas. Mayan sih, agak irit. Hehehe

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *