Home » Ide Pekerjaan Sampingan Ibu Rumah Tangga, Mana Yang Cocok Untukmu?

Ide Pekerjaan Sampingan Ibu Rumah Tangga, Mana Yang Cocok Untukmu?

Ini pekerjaan sampingan ibu rumah tangga

Anda seorang ibu rumah tangga yang sedang bingung pengen usaha? Kebetulan nih, kita sharing yuk tentang ide pekerjaan sampingan ibu rumah tangga, barangkali ada yang cocok untukmu, ya kan?

Bagiku menilai seorang perempuan itu tidak pernah dilihat dari latar belakang pekerjaannya. Mereka yang memilih menjadi wanita karir atau menjadi ibu rumah tangga di rumah sama baiknya. Asal semua didasari niat baik, dilaksanakan dengan baik, insya Allah semua bisa jadi ibadah. Iya nggak?

Saya sendiri, sejak menikah dan memiliki anak, dengan kesadaran penuh akhirnya lebih memilih menjadi ibu rumah tangga. Sekitar tiga bulan menikah, saya resign dari Bank Swasta dan hingga kini tetap di rumah sambil momong bocah.

Apakah tidak bosan menjadi seorang ibu rumah tangga tinggal di rumah seharian?

Bosan jadi ibu rumah tangga
Bagaimana caranya mengusir bosan?

ya bosen lah! kalau tugas dan kegiatannya monoton itu-itu saja. Tapi, bukannya yang memilih karir di kantoran pun sama, bisa bosan juga?

Lah iya, sebetulnya bosan itu lahirnya dari hati dan pikiran kok! Iya, toh?

Ya, salah satu penyebab dari timbulnya kebosanan adalah karena sesuatu yang monoton. Yaitu pekerjaan serupa yang berulang dan membutuhkan perhatian khusus terus menerus, dan kurangnya selingan kegiatan yang lain.

Memang, tugas menjadi seorang ibu rumah tangga rentan mengalami kebosanan. Apalagi kalau segala sesuatu dikerjakan semuanya sendiri, mengerjakan pekerjaan rumah dan mengasuh anak-anak yang masih butuh perhatian ekstra.

Tips mengatasi rasa bosan menjadi Ibu Rumah Tangga

Ide pekerjaan sampingan untuk ibu rumah tangga
Ini pekerjaan ibu rumah tangga di rumah

Nah, apa saja yang bisa kita lakukan untuk mengatasi rasa bosan? Simak yuk!

1. Mencintai pilihan pekerjaannya

Masih banyak orang yang menganggap pekerjaan seorang istri yang memilih untuk fokus mengurus rumah tangga itu hanya pilih enaknya saja. Kerjanya santai-santai dan tinggal minta duit ke suami. Duh, enak bener yak? Padahal kenyataannya tak seindah apa yang kalian kira!

Namun, jika kita mencintai dan senang akan pekerjaan sebagai ibu rumah tangga, insya Allah kita akan lebih bisa mengontrol keadaan hati. Dan pekerjaan apapun yang dilakukan dengan rasa cinta tentunya juga akan memberi efek rasa bahagia.

2. Membangun rasa saling pengertian dengan suami

Apakah kalau istri memilih untuk menjadi ibu rumah tangga lantas semua pekerjaan rumah jadi tanggung jawab istri? Tentu tidak Ferguso! Maka itu, perlu bangun Rasa saling pengertian, saling mendukung dan berbagi tugas pekerjaan juga sangat membantu istri.

3. Meluangkan waktu untuk “Me time”

Tips mengatasi rasa bosan sebagai ibu rumah tangga yang ampuh menurut saya adalah dengan meluangkan waktu untuk sendiri. Jeda sejenak bagi kita untuk merefresh pikiran dari segala penat dan bosan.

Ada banyak pilihan kegiatan saat me time. Misalnya memanjakan diri untuk spa, jalan-jalan belanja, berkumpul bareng teman tanpa diganggu anak-anak. Atau bahkan bisa menyendiri untuk kontemplasi berdialog dan berdamai dengan diri sendiri.

4. Mencari kegiatan yang bisa manambah penghasilan dari rumah

Tentu akan sangat menyenangkan kalau kita punya kesibukan di rumah yang punya banyak manfaat dan menghasilkan. Selain menambah income keluarga, kita sebagai seorang ibu rumah tangga merasa lebih bermanfaat.

Ide pekerjaan sampingan untuk ibu rumah tangga

Ini pekerjaan sampingan ibu rumah tangga
Ini ide kerjaan sampingan di rumah

Saat pandemi begini, kita harus mau mengakui salah satu kehebatan para ibu rumah tangga yang juga berjuang untuk usaha. Iya, salah satu yang menyangga perekonomian Indonesia tidak hancur karena geliat UKM yang tetap bisa bertahan meski dalam keadaan yang serba sulit.

Dan kalian tahu, siapa para pelaku ukm tersebut? Banyak yang dari kalangan perempuan dan juga ibu rumah tangga. Keren kan? Yes, berkat usaha para ibu rumah tangga banyak sekali keluarga yang terbantu.

Apa saja sih ide pekerjaan sampingan untuk ibu rumah tangga yang bisa sukses dan bertahan? Ada banyak banget pilihannya.

1. Jualan online (Reseller dan Dropshiper)

Menjadi seller online ini sepertinya paling diminati sebagai pekerjaan sampingan bagi sebagian ibu rumah tangga. Pekerjaan ini memang terlihat lebih mudah, dan bisa tanpa modal dagangan.

Modal yang diperlukan hanya gadget dan kuota. Selanjutnya kita tinggal posting gambar dagangan milik orang yang bisa diajak kerjasama. Jadi, barang akan kita bayar hanya jika ada yang beli. Gampang kan?

Kata sepupu saya yang kerja jadi reseller baju anak, sehari minimal bisa 3 transaksi. Lumayan untuk nambah jajan anak.

2. Bisnis Catering

Jika kamu pandai dan hobi memasak dan percaya diri masakannya enak, usaha catering bisa banget untuk di coba. Peluang usaha catering yang bisa untuk pekerjaan sampingan ibu rumah tangga masih sangat terbuka kok. Apalagi kalau kalian punya keahlian khusus memasak sesuatu yang beda. Misalnya, olahan makanan untuk vegetarian.

3. Jualan kue

Pekerjaan sampingan ibu rumah tangga selanjutnya yang banyak diminati adalah membuat aneka kue. Aneka cake, pizza, desert, kue kering bisa jadi pilihan untuk kalian coba. Bingung dengan resepnya? Tinggal searching di google atau buku-buku baking saja.

Baca juga :

4. Membuat kerajinan tangan (crafting)

Jika kamu punya punya keahlian membuat barang-barang kerajinan yang bagus. Usaha craft ini cocok buat kamu. Selain menyalurkan hobi, kita bisa menambah penghasilan dari kegiatan tersebut, menyenangkan sekali kan?

Sampai sekarang saya juga masih melakukannya. Saya membuat aneka kerajinan dari kain perca bahkan membuat boneka dari kaos kaki. Alhamdulillah ada hasilnya meskipun sedikit tapi kita senang.

Baca juga :

5. Menjadi penulis

Menulis merupakan salah satu pekerjaan sampingan ibu rumah tangga juga, lho?! Seperti saya, menjadi seorang blogger. Alhamdulillah senang sekali saat hobi menulis tersalurkan dan kita dapat penghasilan tambahan misal dari tulisan pesanan untuk review produk.

6. Youtuber

Emang ibu rumah tangga bisa jadi YouTubers? Wah, jangan salah. Banyak kok konten-konten yang bisa dibuat para ibu rumah tangga di rumah. Yang banyak populer misalnya konten memasak, tutorial craft dan DIY, ataupun review produk kecantikan.

7. Afiliasi

Penghasilan dari afiliasi penjualan online sepertinya sekarang semakin dikenal dan diminati banyak orang, termasuk ibu rumah tangga. Cara kerjanya juga tidak rumit, kita hanya sebar link dari produk afiliasi dan jika ada penjualan kita dapat komisi.

Yang perlu dipersiapkan sebelum kalian pilih pekerjaan afiliasi ini adalah kemampuan untuk copy writing untuk bisa mempromosikan produk. Selanjutnya akun media sosial yang akan kita gunakan untuk berbagi link afiliasi.

Kesimpulan

Pilihan menjadi seorang ibu rumah tangga memang bukan pilihan yang buruk, kok. Akan lebih Menyenangkan apabila kita masih terus bisa memberdayakan potensi dan mampu mengambil peluang manambah penghasilan dari rumah. Rasanya hidup menjadi lebih bernilai.

Oiya, jika kalian punya ide-ide pekerjaan sampingan ibu rumah tangga lainnya, boleh sharing juga kok. Yuk coba tulis di kolom komentar.

1 tanggapan pada “Ide Pekerjaan Sampingan Ibu Rumah Tangga, Mana Yang Cocok Untukmu?”

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *