Hal Yang Harus dipersiapkan Saat Mudik

Mudik
Sumber gambar tribunnews

Assalamu’alaikum,

Ngomongin mudik, kemarin baru denger curhat teman suami yang tinggal di Kepulauan Riau asli Jawa. Mereka sekeluarga nggak bisa mudik tahun ini lantaran keterbatasan dana. Mereka yang sekeluarga berlima, paling tidak butuh dana minimal 15 juta untuk bisa mudik ke Jawa. Hm, besar juga dananya ya?

Memang ya, mudik itu butuh persiapan yang nggak gampang. Apalagi kalau sudah berkeluarga, banyak jumlah keluarga dan mudiknya jauh pula. Selain dana yang besar, persiapan tetek bengek lainnya pasti bikin repot. Iya nggak?

Mudik saat lebaran itu sudah jadi semacam tradisi. Sebagai ajang silaturahmi. Bertemu orang tua, saudara, dan teman-teman sekampung. Ya siapapun pasti menginginkannya. Kecuali, kalian jomblo dan takut ditanya kapan nikah, mungkin mereka bukan golongan yang kepengen mudik. Halagh, opo iki toh? Ahaha.

Baca juga Sebagai Muslim Wajib Tahu Tentang Zakat, Infak dan Sedekah

Nah, biar urusan mudik lebih mudah ada beberapa hal yang perlu dipersiapkan, lho? Apa saja kah itu? Simak yuk!

1. Dana Cukup

Seperti contoh kasus diatas, dana bisa jadi kendala orang bisa gagal mudik. Jadi soal dana mudik harus jadi prioritas, harus ada persiapan jauh sebelum ramadhan. Mungkin bisa buat tabungan khusus untuk mudik.

Soalnya kebutuhan saat mudik bukan hanya soal tiket. Ada kebutihan akomodasi, mungkin liburan saat dikampung, bagi-bagi angpau dan sebagainya. So, harus banget dipersiapkan dananya ya?

2. Tiket Mudik dan Balik

Jika mudik dengan transportasi umum, tiket juga harus dipersiapkan jauh-jauh hari nih untuk mudik lebaran. Bahkan banyak yang pesan dari beberapa bulan sebelumnya untuk mengantisipasi kehabisan tiket.

Oiya, sekarang banyak juga perusahaan nasional dan swasta yang ngadain mudik gratis. Bisa jadi pilihan yang menyenangkan nih kalau bisa ikut programnya. Lumayan banget kan bisa ngirit biaya tiket juga.

3. Kesehatan Diri

Saat musim mudik tiba, kemacetan ada dimana-mana. Jadi badan harus fit untuk siap bersabar kejebak lama di jalan. Kesehatan wajib jadi prioritas.

4. Persiapan Bekal dan Barang Bawaan

Nah saat mudik yang penting buat dipersiapkan juga bekal untuk dijalan. Bekal unyuk buka sahur puasa, atau makanan apabila memilih tidak puasa. Bagi orang dalam perjalanan boleh kan membatalkan puasa asal memenuhi ketentuannya.

Untuk barang bawaan seperti perlengkapan pribadi, baju dan sebagainya usahakan secukupnya. Jangan berlebihan karena akan merepotkan diri sendiri, iya nggak?

5. Persiapkan Hibiran Selama di Jalan.

Agar tidak merasa bosan saat menghadapi kemacetan, kalian harus punya jurus jitu biar nggak stress. Misal persiapan bawa buku bacaan, download film, dengerin musik favorit. Dan yang paling penting, kalau hiburannya gadget harus siap power bank biar baterei nggak lowbat.

Baca Juga Hal Tak Terlupakan Saat Ramadhan di Waktu Kecil

Paling tidak itu persiapan basic yang harus dipersiapkan sebelum mudik. Buat kalian yang mau mudik hati-hati ya?! Dan buat kalian yang nggak bisa mudik, semiga sabar. Bye bye…

Mungkin Anda juga menyukai

1 Respon

  1. Mei 30, 2019

    […] Baca juga Hal Yang Harus Disiapkan Saat Mudik […]

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *