Saling Berbagi Saat Pandemi COVID-19

Berbagi saat pandemi covid-19

Tadi saya bagikan ke warga desa yang sedang kerja bakti membangun wc untuk warga miskin. Yang untuk anak-anak saya titipkan ke salah satu pemuda untuk di bagi ke anak sekitar.

Chat wa dari kawan yang kemarin saya titipin masker kain untuk di bagi buat yang membutuhkan. Sedikit, tapi mudah-mudahan bermanfaat.

Iya kini, saya Alfatih Gallery, usaha craft saya memang produksi masker kain. Niatnya membantu para tetangga juga biar bisa berkarya di rumah, dan lumayan ada penghasilan juga untuk mereka.

Berbagi Saat Pandemi COVID-19

Jika ditanya sumbangsih apa yang sudah saya beri di kala pandemi COVID-19? Jujur tidak banyak yang bisa saya berikan dan bagikan.

Baca juga Mengenal COVID-19

Namun, di tengah pandemi COVID-19 ini ada hal positif yang bisa kita lihat di tengah masyarakat. Salah satunya semangat gotong royong. Semangat untuk tergerak dan bergerak membantu sesama, banyak kita lihat di sekitar kita.

Banyak banget baik sumbangan dari perorangan atau dari lembaga maupun komunitas yang mengumpulkan donasi. Dari sini kita bisa lihat, semangat berbagi di masyarakat kita masih tinggi. Semangat gotong royong yang kita banggakan belum sepenuhnya sirna. Intinya, kita masih lihat banyak orang baik disekitar kita.

Berbagi bukan harus dalam bentuk sumbangan berupa uang. Banyak banget hal yang bisa kita bagi ke orang lain, jika kita juga dalam keadaan terbatas. Salah satu hal paling mudah adalah dengan berbagi informasi, misalnya.

Baca Juga Dampak Covid-19

Berbagai Bentuk Sumbangan Yang bisa kita Bagi Saat Pandemi COVID-19

1. Uang

Kita bisa sumbangkan baik kita bagi ke tetangga sekitar yang membutuhkan. Bisa juga kita sumbangkan ke lembaga/komunitas yang mengumpulkan donasi. Nggak harus cash, bisa dengan transfer juga kok. Jadi kita bisa tetap di rumah saja dan masih tetap bisa berbagi, kan?

2. Sembako

Sembako ini juga menjadi hal paling penting. Ketika semua harus di rumah saja, apalagi daerah yang sudah menetapkan PSBB. Kebutuhan ketersediaan bahan makanan pokok harus dipenuhi. Jangan sampai ada tetangga sekitar kita kelaparan.

Kita bisa bantu dengan membagi paket-paket sembako. Bagaimana dengan yang mau berbagi tapi tidak mau keluar rumah? Banyak contoh juga yang di lakukan orang-orang baik, yang menaruh paket makanan di pagar yang bisa diambil mereka yang membutuhkan. Beli bahan pokok bisa dengan delivery order.

3. APD Untuk Tenaga Kesehatan

Kita semua tahu bahwa tenaga kesehatan merupakan garda terdepan dalam melawan COVID-19. Dan terjadi kelangkaan Alat Perlindungan Diri untuk mereka.

Bagaimana bisa kita membantu para pahlawan baik ini? Beri donasi untuk APD, jangan membeli sarung tangan medis dan masker bedah dan N95. Itu sudah menjadi bagian dari membantu mengatasi kelangkaan APD.

4. Donor Darah

Saya sungguh sedih ketika banyak beredar berita bahwa stok kantong darah menipis. Tidak bisa dipungkiri, ini imbas dari adanya pembatasan sosial.

So, bagi kalian yang terbiasa donor darah alangkah baiknya menyempatkan diri ke PMI untuk donor. Kalau saya sendiri mohon maaf, tidak memenuhi kriteria pendonor. BB kurang dan darah rendah.

5. Masker

Masker juga menjadi salah satu hal paling penting untuk perlindungan diri dari bahaya tertular COVID-19. Dan alhamdulillah banyak yang sudah berbagi masker untuk sesama. Ingat ya, masker kain saja.

Baca Juga DIY Masker Kain 2 Lapis

6. Informasi

Nah buat para content creator, saatnya juga berbagi informasi tentang COVID-19. Soalnya banyak banget masyarakat yang belum teredukasi dengan baik mengenai apa itu COVID-19.

Kita bisa berbagi melalui tulisan, gambar, infografis, dan video. Kemas konten yang menarik dan sampaikan pesan yang baik pada masyarakat kita. Mudah kan?

Semoga, apa yang bisa kita bagi dalam masa pandemi COVID-19 ini jadi tambaham nilai kebaikan. Dan badai COVID-19 ini lekas berlalu. Aamiin.

Semoga Bermanfaat.

  • Sumber gambar pixabay di edit dengan canva

Tabik

Lina Sophy

Mungkin Anda juga menyukai

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *