Kolaborasi, Inovasi Dan Saling Support Untuk Bertahan di Saat Pandemi

Kolaborasi, inovasi dan saling support untuk bertahan di saat Pandemi.

Hai gaessss… Sehat selalu yaw!

Tahun 2020 ini bakal jadi tahun yang akan terukir dalam sejarah. Bukan saja karena angkanya cantik, tapi sebuah tahun yang rasanya jika kita bisa, ingin dihapus atau dilompati saja. Kenapa? Iya, tahun dimana semua orang, bahkan negara di dunia kocar-kacir gara-gara serangan virus Corona.

Kehidupan kalian apakah terdampak juga? Nggak bisa jalan-jalan? Usaha gulung tikar? Kena PHK? Penghasilan menurun? Dan kena masalah-masalah lainnya? Tidak sendirian, rame-rame kita semua keroyokan, tanggung bareng yok!

Membangun mental diri agar tahan banting

Selain hati yang perlu di luaskan agar menerima cobaan ini dengan sabar, perlu ada strategi yang tepat agar kehidupan kita terutama sektor ekonomi enggak oleng. Iya nggak, gaesss?

Kira-kira apa saja yang dibutuhkan agar mental kita kuat dan tahan banting?

1. Selalu percaya ada Tuhan di setiap hal yang terjadi

Datangnya Covid-19 ini pasti seizin-Nya. Menjadi ujian bagi kita yang harus dijalani. Sabar dan temukan pasti banyak hikmah yang bisa kita petik dari adanya pandemi ini.

So, selalu banyak berdoa minta sama Tuhan agar pandemi ini segera berakhir.

2. Pantang menyerah

Nah ini sih sifat yang harus kita jauhi. Jangan sampai deh baru mulai usaha Nemu masalah, berhenti lalu frustasi. Kapan suksesnya kalau yang modelnya begini?

Pacu diri kita untuk punya 1001 jalan menuju sukses. 1 jalan gagal tempuh jalan lainnya!

Kalian siap kan, gaesss?

3. Belajar menambah keterampilan dan keahlian

Kalau saya suka mempelajari sesuatu yang baru. Nggak ada salahnya menambah kemampuan diri kan ya? Siapa tahu, cocok dan bisa jadi hobi baru. Dan siapa tahu lagi, bisa jadi ladang usaha.

Berita baiknya, dimasa pandemi gini kesempatan untuk belajar malah terbuka sangat lebar. Banyak sekali webinar tak berbayar yang bisa kita ikuti untuk menambah wawasan dan keahlian.

Baca juga :

4. Selalu berfikir positif

Kalian tahu apa bedanya kita dengan Bu Tedjo?

Bu Tedjo itu kalau nyinyir dibayar, sedangkan kita kalau nyinyir tak berguna!

Makanya, jangan suka nyinyir. Hilangkan prasangka buruk pada keadaan dan sekitar. Pelihara pikiran positif, terus bergerak mencari ide baru.

Kolaborasi, inovasi dan saling support untuk bertahan di masa Pandemi

Hari ini kita bisa menyaksikan adanya geliat masyarakat untuk melakukan kegiatan bisnis atau usaha rumahan. Baik mereka yang sudah bergerak di bidang UMKM sebelum atau yang baru saja terjun sejak Pandemi berjuang untuk bisa bertahan hidup.

Ada sebagian orang yang kemudian mengeluhkan keadaan ini, usahanya jadi makin sepi, penghasilan menurun dan lainnya. Persaingan usaha yang rata-rata bidangnya hampir sama, terutama bidang kuliner dan fashion dengan tingkat kemampuan pasar yang semakin rendah.

Lalu bagaimana?

Perlu mindset dan terobosan baru. Kolaborasi, inovasi dan saling support untuk bertahan di masa Pandemi ini menurut saya adalah kunci.

Saya sendiri, sebagai ibu rumah tangga yang juga sebagai blogger dan pelaku usaha sampingan di bidang kerajinan pun mencoba melakukan itu. Kerjasama, mencoba berinovasi dan saling mendukung dengan teman lain.

Kolaborasi

Persaingan untuk jadi yang terbaik, yang ter-wahid, yang utama dan lainnya kini sudah nggak jaman. Kalau dirimu bangga dan merasa jadi yang terbaik, akan datang waktu dimana ada yang lebih,lebih dan levih dari Anda! Halagh! Iya kecuali dirimu the real Sultan! Hahaha.

Kolaborasi itu kunci! Kita akan sukses jika maju bersama dan bekerjasama.

Jadi nih ya, selama pandemi ini saya pun mencoba melakukan kolaborasi bersama teman-teman. Berbagi ilmu dan pengalaman bagaimana tetap bertahan saat pandemi. Misal di acara Creative Online Video bareng Sangkanparan dan berbagi ilmu membuat boneka kaos kaki bareng Smartfren Community.

event live bareng teman

Selain itu untuk usaha kerajinan saya pun mulai membuka diri untuk bekerja sama dengan teman. Jika dahulu saya membuat boneka kaos kaki, sarung instan anak, baju dengan membeli bahan sendiri, sekarang saya bekerja sama dengan pengusaha batik.

Hasil kolaborasi dengan pengusaha batik

Hal apa yang kira-kira dapat dihasilkan dari kolaborasi semacam ini? Kesempatan untuk lebih sukses semakin terbuka.

Kolaborasi dengan Indri Batik

So, buat kalian yang sedang memulai bisnis atau usaha apapun buka diri untuk bekerjasama dengan yang lain! Okay?

Inovasi

Jangan terpaku hanya pada satu usaha, cobalah untuk selalu berinovasi. Kalian bisa mencari ide-ide baru yang menarik dan sesuai dengan kebutuhan yang ada.

Saya sendiri sekarang banyak memproduksi masker kain. Karena masker ini sekarang memang sedang ramai dicari orang, kan?

Masker dan outer, mengikuti permintaan pasar

Baca juga :

Saling support agar usaha tetap berjalan

Salah satu berkah pandemi, rasa kepedulian terhadap sesama semakin tinggi. Kita lihat banyak orang yang sengaja membeli dengan niat membantu usaha teman dan membantu mempromosikan produknya.

Selain perorangan banyak juga komunitas atau lembaga masyarakat juga yang support UMKM lho? Saya sih iyes banget mendukung hal positif semacam ini. Salah satu contoh di kota Cilacap, lahirnya sebuah ide tukoni tekani untuk membantu memasarkan produk UMKM yang ada disini. Mungkin di kota lain juga banyak program serupa.

Contoh program support UMKM

Agar kalian punya support sistem usaha yang baik, maka perlu usaha dong ya? Selain membuka diri untuk bekerjasama dengan orang lain, sebaiknya ikut dengan banyak komunitas.

Dengan masuk ke komunitas kita dapat banyak manfaat lho? Tambah teman, tambah ilmu dan yang pasti tambah koneksi, iya nggak?

Salah satu komunitas yang bisa kalian ikuti adalah Smartfren Community! Iya, manfaatnya banyak, tambah ilmu, tambah teman dan tambah jaringan.

Baca juga :

Open Possibility bersama Smartfren Community

Ayo ciptakan peluang bersama Smartfren Community!

Manfaat gabung Smartfren Community

Smartfren Community Cilacap

Smartfren Community Cilacap launching 20 Februari 2020. Diikuti banyak peserta dari latarbelakang profesi yang berbeda-beda.

Sekitar sebulan sebelum badai Covid menyerang, jadi setelah kegiatan launching ini acara offline bareng teman-teman tidak ada lagi.

Tapi meskipun berbatas, kewajiban jaga jarak dan tidak bisa berkegiatan secara offline, Smartfren Community Cilacap tetap berjalan. Ada beberapa event online yang berjalan, berbagi berbagai ilmu dari anggota komunitas. Ada om Jojo, mbak Erin, mbak Dora, mbak Bety, mas Nevin, babeh Insan dan saya yang pernah mengisi acara live bersama Smartfren.

Jadi, manfaat gabung dalam Smartfren Community yang pasti nambah teman dan ilmu! Alhamdulillah.

Smartfren mengerti kebutuhan kelancaran komunikasi

Bukan saatnya putus asa apalagi putus asik, ini saatnya kamu NONSTOP berkreasi!

smartfren

Apa jadinya jika Pandemi terjadi dimana dunia internet belum lahir? Mati gaya total! Lah iya, sekarang meskipun raga berjarak, kita tetap merasa dekat. Ya ini berkat internet!

Kala kebutuhan internet semakin tinggi, maka kebutuhan kecepatan koneksi pun meningkat. Sebagai blogger dan pedagang online, saya sih percaya sama Smartfren, sangat bisa diandalkan.

Koneksi lancar, kuota terjangkau maka usaha pasti berjalan. Kan?

Pengguna setia Smartfren

Rumah Kreatif Smartfren Community Cilacap

Wow ada yang baru nih! Rumah Kreatif Smartfren Community Cilacap baru saja dilaunching. Dan kegiatan ini benar-benar di support Smartfren Community pusat juga, lho?!

Apaan Rumah kreatif Smartfren Community Cilacap? Wadah sebagai pusat informasi dan koordinasi dari kegiatan Smartfren Community di kota Cilacap. Dan agar rumah kreatif ini bisa berjalan, maka harus ada spirit entrepreneurship dan kegiatan produktif disana.

Hal ini merupakan peluang besar khususnya bagi member Smartfren Community untuk mengembangkan UMKM. Bisa untuk belajar ilmu digital marketing, membantu mengenalkan dan promosi produk, dan lain sebagainya.

So, mari ciptakan peluangmu! Tunggu apalagi?

Semoga Bermanfaat!

Mungkin Anda juga menyukai

56 Respon

  1. Dedew berkata:

    Setuju banget, kita harus berinovasi nih di masa pandemi, agar tetap survive, kudu tetap optimis juga bahwa semuanya akan membaik ya..semangat!

  2. areacewe berkata:

    inovasi dimasa pandemi memang kudu dijalankan dengan Nonstop ya kak

  3. Tanti Amelia berkata:

    aaaw lutunaaaa!

    AKu diajarin mbak Waya Komala dari Ayko Projects – bikin boneka kaus kaki yang susah susah gampang, tapi menarik banget yaaa! Sukses Lina, semoga bisa buka gerai sendiri nanti di MOI

  4. Mugniar berkata:

    Bu Tedjo itu kalau nyinyir dibayar, sedangkan kita kalau nyinyir tak berguna!

    Wakakak betul sekali …

    Ketahanan mental penting banget ya daan kolaborasi .. saya setuju banget dngan bahasan soal kolaborasi di atas. Sekarang jangan melulu berpikir soal kompetisi saja. Penting berkolaborasi.

  5. Farida Pane berkata:

    Seneng sih kalau dalam situasi sulit begini kita punya komunitas yang tetap saling dukung. Ternyata komunitas smartfren juga seperti ini, ya.

  6. nurulrahma berkata:

    Inovasi dan Kolaborasi adalah KOENTJI!
    Memang tidak mudah berkarya dan berusaha di musim pandemi.
    Tapiii what doesn’t kill you make you stronger!
    Semangaaattt!

  7. Dian berkata:

    ah benar sekali mbak, kolaborasi dan inovasi adalah kunci sukses untuk bisa bertahan di tengah pandemi seperti ini ya mbak
    harus tetap semangat dan optimis, tak boleh menyerah dgn pandemi

  8. Wah bener juga, Bu Tejo dibayar nyinyirnya lha kita dihujat netijen yang budiman nantinya kwkww. Setuju jika mesti hilangkan prasangka buruk pada keadaan dan sekitar. Pelihara pikiran positif, terus bergerak mencari ide baru.
    Keren banget Smartfren Community dan sumbangsihnya untuk UMKM ini..semoga makin sukses semua

  9. Hani S. berkata:

    Setujuu, di saat seperti sekarang, selain berinovasi, sangat penting untuk kolaborasi dengan pihak lain. Dalam situasi pelik, Insya Allah selalu ada jalan untuk tetap bertahan ya. Semangaaat, we are 2020 Survivor!

  10. Nanik Nara berkata:

    Di masa pandemi usahanya malah makin beragam ya mbak produknya. Dengan kolaborasi memang malah bisa membuka peluang-peluang lain. Semoga makin sukses ya mbak, apalagi punya komunitas yang mendukung, kayak smartfren community ini.

  11. Naqiyyah Syam berkata:

    keren banget mbk bisa saling support seperti tentunya bikin makin membantu perekonomian UMKM juga ya

  12. HM Zwan berkata:

    Ahahaha bebtul juga itu Bu Tejo, dia nyunyir dibayar, kita? Itulah.. G usah nyinyir, positif thingking. Banyak hal yang aku pelajari dari pandemi mbk.. Banyak usaha yang tutup, banyak juga usaha rumahan yang gelar lapak bahkan laris manis. Sukses selalu untuk maskernya mbk..
    Keren banget Smartfren community

  13. Nia Haryanto berkata:

    Bener banget, di masa pandemi kayak sekarang, kompetisi itu rasanya gak relevan ya. Sebaliknya, kolaborasi, inovasi, Dan saling support itu bagus. Biar semua bisa tetap survive. Keren deh Smartfren bisa mengakomodasi semua itu.

  14. Triani Retno berkata:

    Terasa banget sekarang tuh “hidup adalah udunan”, saling membantu. Daripada nyinyirin orang. Dibayar juga enggak, yang ada malah bikin orang sakit hati πŸ™ˆ

  15. Siti Hairul berkata:

    Senang melihat kolaborasi antar UMKM di masa pandemi ini. Menguatkan

  16. cindy vania berkata:

    setuju banget di masa sekarang kolaborasi, inovasi, dan saling support itu bisa membantu penjualan atau awareness ke orang2.

    kalau dilihat2 kolabs dan inovasi barang2 itu sekarang makin keliatan banget, tiap 2-3 bulan pasti ada. semoga usaha2 tetep berjalan semua dengan adanya support satu sama lain.

  17. Ghina berkata:

    Kreativitas dan kolaborasi yg supportif saat ini semakin tinggi ya. Alhamdulillah.. Kesadaran masyarakat akan pntgnya support produk lokal ini menjadi gerbang juga bagi investor utk melirik produk dan menanam saham/investasi kayak smartfren ini ya, sampe ke cilacap lho ada.

    ini d kota cilacap ya mbak?

  18. Yurmawita berkata:

    Kreatif nih banyak bisnis kreatif di masa Pandemi semoga kita tetap bertahan, berkreasi dan berkolaborasi

  19. Efi Fitriyyah berkata:

    Salah satu hal positif dari situasi ini adalah membuat kita jadi kreatif dan belajar hal baru. Untunglah ada teknologi internet yang memudahkan ya, Mak.
    Duh itu outer sama maskernya lucu amat Maaak Cakep. Secakep yang nulisnya

  20. Andy Hardiyanti berkata:

    Salut euy sama semangat member Smartfren Community Cilacap. Berkolaborasi. Saling bantu untuk tetap bertahan di masa masa sulit seperti ini.

  21. Lina W. Sasmita berkata:

    Penting banget untuk saling SUPPORT dan bekerja sama saling membantu satu sama lain agar masa sulit ini terlewati dengan mudah.

  22. Larasati Neisia berkata:

    Keren banget programnya Smartfren dukung UMKM biar tetep survive di masa pandemi ini. Semoga makin pada sadar juga nih orang-orang buat beralih ke produk lokal sekalian bantu memajukan perekonomian.

  23. Milda Ini berkata:

    harus emang saling support dan peduli, kolaborasi juga penting banget, saudara saya itu malah kek menjadi toserba nya produk UMKM saling support menjualkan

  24. Ophi Ziadah berkata:

    Networking dan pengembangan usaha melalui pendekatan komunitas mmg efeknya bagis bgt buat pertumbuhan usaha ya mba. Apalagi di ra digitalnkyk sekarang

  25. Bener banget pada saat pandemi gini kebanyakan yang bertahan usahanya krn mencoba out of the box bahkan ada kalanya ya melakukan kolaborasi, bahkan dgn kompetitor haha
    Wah kece komunitasnya smartfren ini memfasilitasi UKM2 yaaa

  26. lendyagasshi berkata:

    Wah…iya banget niih..
    Uda gak zaman lagi saling menjatuhkan.
    Kita harus bekerjasama untuk bisa maju bersama.

    Sukses selalu, kak..

  27. Damar Aisyah berkata:

    Setuju banget. Pandemi ini memang mengajarkan kita untuk keluar dari zona nyaman. Sudah gak jamannya lagi saingan, tapi harusnya kolaborasi untuk kemajuan bersama. Belajar skill baru untuk membuka peluang baru. Kadang saya mikir kok ya ndadak pandemi dulu untuk bergerak dengan langkah-llangkah baru.

  28. Rahman berkata:

    bener banget, masa sulit bukan berarti hasil akhirnya juga buruk. Semuanya balik ke bagaimana kita memberikan respon yang akhirnya akan membentuk output yang akan kita dapatkan pada akhirnya. semuanya tentang bagaimana kita merespon keadaan saat ini, Kolaborasi, inovasi dan pikiran terbuka adalah kunci untuk terus bertahan dan survive di tengah pandemi.

    Thanks for sharing mbak

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *