Membuat Ketupat Praktis Dengan Presto

Assalamu’alaikum Wr. Wb.

Sajian saat lebaran yang paling khas itu adalah ketupat. Oiya, kalau saya sebagai orang jawa ngapak nyebutnya kupat. Kalau ditempat kalian biasa disebut apa nih ketupat?

Sumber ab-hikam.info

Sejarah dan Filosofi Ketupat

Bagi orang jawa, ketupat sebagai sajian saat lebaran disebut kupat. Kupat itu kependekan dari ngaku lepat. Atau dapat diartikan bahwa momen lebaran sebagai hari kemenangan dan penuh ampunan juga sebagai momen manusia saling mengakui kesalahan.

Menurut sejarah, ketupat dikenalkan pada masa syiar Islam oleh Sunan Kali Jaga. Akan tetapi, kemungkinan berasal dari budaya sebelumnya yaitu Hindu Budha dan diadaptasi dalam penyebaran agama Islam.

Ketupat diartikan sebagai laku papat, yaitu lebaran, luberan, leburan dan laburan. Lebaran artinya ba’da atau berakhirnya bulan puasa. Luberan yang artinya lebihan atau berbagi kelebihan rizki dengan yang kurang mampu (zakat dan sedekah). Leburan artinya saling maaf dan memaafkan. Dan yang terakhir laburan (labur = cat dinding dari kapur dan berwarna putih) menandakan bahwa seyogyanya idul fitri membuat hati kita menjadi kembali bersih.

Ternyata dalam sekali makna dari ketupat ini, ya? Semakin mengagumi kehebatan para wali dahulu saat menyebarkan agama Islam. Mampu mengadaptasikan budaya yang tidak bertentangan dengan syariat Islam dari budaya nenek moyang menjadi islami. Ini jadi warisan budaya yang harus dilestarikan.

Baca juga Resep Peanut Cookies Praktis dari Skippy

Bagaimana Membuat Ketupat

Saya ingat sekali jaman masih kecil. Setiap hari terakhir puasa, bapak mencari pucuk daun kelapa. Lalu dianyam menjadi ketupat. Saya bersaudara tentu ikut sibuk belajar bagaimana membuat ketupat. Karena agak rumit, sewaktu kecil hanya bisa membuat model ketupat lontong yang biasa buat wadah jangkrik, dan itu pun sudah bikin kami bahagia.

Lalu ibu bakal memasak ketupat dalam panci besar. Direbus pakai tungku kayu bakar semalaman. Katanya sih biar awet, nggak mudah basi makanya haru dimasak lama. Kalau jaman sekarang saya pastikan bakal malas bikin. Ya ternyata repot begitu. Ya kan?

Baca juga Resep Sayur Asem Jawa

Membuat Ketupat Praktis dengan Presto

Alhamdulillah, perlu bersyukur ya kalau punya panci presto. Ini multi fungsi banget, banyak masakan yang bisa dimasak dengan presto, termasuk ketupat. Ini benar-benar menghemat waktu. Nggak perlu lagi masak ketupat berlama-lama.

Gambar ambil di tokopedia

Kami kalau lebaran bikin ketupat sudah pakai presto. Kalian sudah pernah coba bikin ketupat pakai presto? Kalau belum aku bagikan resepnya ya. Tapi maaf karena tahun ini belum bikin dan tidak ada stok foto, jadi gambar dari hasil googling.

Alat dan bahan

  • Kulit ketupat daun kelapa
  • Beras sesuai kebutuhan
  • Air secukupnya
  • Panci presto
  • Kompor

Cara membuat

  1. Cuci bersih beras
  2. Masukan beras tadi kedalam ketupat sekitar 60%
  3. Masukan ketupat kedalam presto, isi air sampai semua terendam. Dan tinggi air dilebihkan sampai kurang lebih 3 ruas jari.
  4. Rebus dengan presto minimal 1 jam, kalau mau lebih tanak setelah 1 jam biarkan di kompor dengan api kecil 15-20 menit
  5. Setelah matang gantung ketupat.

Muah dan praktis banget kan? Semua serba gampang emang jaman sekarang. Kantong ketupat janurnya kalau mau praktis pun banyak yang jual.

Baca juga Resep Opor Ayam Kampung

Sekian resep ketupat praktis dari saya, semoga bermanfaat.

Mungkin Anda juga menyukai

1 Respon

  1. Juni 4, 2019

    […] Baca juga resep ketupat dengan presto […]

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *