Home » Hoala Dan Koala Upaya Menyelamatkan Lagu Anak Indonesia

Hoala Dan Koala Upaya Menyelamatkan Lagu Anak Indonesia

Hoala dan Koala

Hoala dan Koala Upaya menyelamatkan lagu anak Indonesia.

Hai parents! Boleh dong saya kasih pertanyaan, anak-anak kalian lebih mengenal lagu-lagu khusus anak atau lagu-lagu viral orang dewasa?

Anak saya, Sulthon lebih sering bersenandung lagu-lagu viral jaman sekarang. Ya mau gimana lagi kan? Kenyataannya sekarang lagu anak-anak memang tidak berkembang. Seakan semua ruang media sosial dikuasai oleh lagu orang dewasa. Sayang sekali ya? Padahal musik dan lagu ini bermanfaat banget untuk tumbuh kembang anak apabila konten lagunya berisikan hal yang mendidik sesuai usia anak.

Tapi tenang, saya bawa berita gembira. Lewat tulisan ini saya akan ulas tentang Hoala & Koala. Hoala dan Koala lahir atas dasar keresahan mengenai minimnya lagu anak dengan meluncurkan animasi karakter musikal 3D di tahun 2020.

Manfaat musik dan lagu bagi tumbuh kembang anak

Mendengarkan musik bagi ibu hamil bermanfaat untuk relaksasi dan membuat pikiran menjadi lebih tenang. Tapi bukan cuma itu saja, musik juga dipercaya mampu menstimulasi pertumbuhan otak sejak dalam kandungan. Maka alasan tersebut membuat banyak ibu hamil yang melakukan terapi dengan mendengarkan musik klasik, murottal dan sebagainya.

Bukan hanya untuk bayi, tetapi musik dan lagu juga sangat berperan dalam proses tumbuh kembang anak. Musik dan lagu ini bisa untuk menstimulasi berbagai aspek, antara lain :

1. Melatih kecerdasan musikal

Kecerdasan musikal berkaitan dengan kemampuan seseorang untuk memahami lagu, memainkan alat musik serta menciptakan nada dan lagu. Manfaatnya bagi anak adalah untuk melatih fokus dan konsentrasi, mengingat informasi dan juga mengembangkan emosi yang positif.

Jadi nggak salah ya Parent, jika anak dikenalkan dengan musik sejak dini dalam proses tumbuh kembangnya. Barangkali suatu hari Ananda bisa jadi penyanyi, pemain alat musik atau pencipta lagu yang terkenal.

2. Menambah kosa kata dan meningkatkan kemampuan menulis dan membaca

Dengan mendengarkan musik dan lagu anak-anak bisa belajar banyak hal seperti menambah kosa kata baru dan mengenal huruf dan angka. Karena bernyanyi merupakan proses yang berulang-ulang, kemampuan anak dalam mengingat sesuatu jadi semakin mudah.

Jujur saja, kita paling merasakan manfaat dari bernyanyi saat mengajarkan anak tentang huruf dan angka, bukan?

3. Melatih konsentrasi dan koordinasi

Efek mendengarkan musik dan lagu seperti musik klasik adalah membuat pikiran yang lebih tenang. Hal tersebut membuat anak lebih mudah belajar fokus dan berkonsentrasi.

Selain membantu anak berkonsentrasi, musik dan lagu juga bermanfaat untuk melatih koordinasi. Saat anak mendengarkan musik, mereka seringkali mengekspresikan dengan menggerakkan badan untuk menari ataupun melompat mengikuti irama.

4. Menghadirkan efek positif, kebahagiaan dan keceriaan

Saya pernah membaca sebuah artikel bahwa beberapa sekolah di Australia mengawali pembelajaran dengan mendengarkan musik yang ceria. Lagu tersebut akan menghadirkan efek yang positif dan anak siap memulai pelajaran dengan perasaan yang bahagia.

Jadi parents jika ingin membuat anak senang dan semangat belajar, awali saja dengan kegiatan bernyanyi. Pilihkan lagu kesukaan anak-anak yang membuat mood mereka baik.

Baca Juga :

5. Menambah pengetahuan dan keterampilan baru

Semua pasti sependapat bahwa dengan lagu, anak-anak bisa lebih cepat belajar banyak hal. Inilah mengapa pendidikan anak usia dini banyak belajar dengan bernyanyi.

Tema lagu anak biasanya berisi tentang pengetahuan. Ada lagu tentang mengenal alam semesta, mengenal hewan, mengenalkan huruf dan angka serta aktivitas yang dikerjakan sehari-hari. Dari lagu-lagu tersebut tentu saja akan menambah pengetahuan dan keterampilan anak-anak.

Karena musik dan lagu bisa mempengaruhi suasana hati, maka dari itulah sebaiknya anak dikenalkan juga dengan lagu untuk anak-anak. Bukan lagu-lagu untuk orang dewasa yang kebanyakan temanya seputar percintaan dan sakit hati.

Review Hoala dan Koala serta upaya menyelamatkan lagu anak Indonesia

Hoala dan Koala
Hoala dan Koala upaya menyelamatkan lagu anak Indonesia

Tentang Hoala dan Koala

Tentang Hoala dan Koala
Tentang Hoala dan Koala

Hoala dan Koala merupakan karakter musikal fiktif yang berupa lagu dan animasi anak Indonesia dalam bentuk animasi 3D. Harapannya, Hoala & Koala ini akan jadi teman baru yang mendampingi anak-anak Indonesia dalam berbagai aktifitas. Membantu proses belajar yang menyenangkan atau menemani hari-harinya agar selalu ceria.

Tim Hoala dan Koala

Hoala dan Koala
Karakter musikal Hoala dan Koala

Ada beberapa karakter yang ada dalam lagu dan animasi anak Indonesia Hoala Koala ini. Selain dua tokoh utama mereka Hoala dan Koala masih ada lagi yang lain. Siapa saja mereka? Kenalan yuk!

Hoala Awandi

Hoala Awandi adalah tokoh utama dalam produk Hoala dan Koala. Ia merupakan anak perempuan berusia 3 tahun yang cerdas. Gemar bernyanyi, suaranya merdu dan menyukai susu rasa coklat dan stroberi.

Koala

Koala adalah sahabat karib dari Hoala, merupakan tokoh hewan yang bisa berbicara yang berasal dari Mykoyos. Negeri Mykoyos berasal dari sebuah dunia yang ada di buku cerita favorit Hoala.

Miss Jeruk

Siapa sih Miss Jeruk itu? Dia merupakan seorang peri baik hati yang begitu sayang dengan Hoala. Miss Jeruk ini pula yang menciptakan Koala sebagai teman dari Hoala.

Amar Awandi dan Nara Awandi

Tokoh Amar Awandi merupakan sosok ayah dari Hoala. Pak Amar merupakan seorang pengusaha yang yang bekerja di bidang digital. Sedangkan Nara Awandi adalah ibu dari Hoala yang kesehariannya tinggal di rumah sebagai ibu rumah tangga.

Rubin, Lincul, Burhan, Bu Aya, Serigili, Om pong, Om Bre

Semua tokoh di atas merupakan teman-teman dan guru TK dari Hoala. Terdiri dari tokoh animasi hewan-hewan yang lucu seperti rubah, ular, burung hantu, buaya, serigala, harimau dan singa.

Hoala dan Koala serta upaya menyelamatkan lagu anak Indonesia

Seperti yang sudah saya ungkapkan di awal, bahwa saat ini referensi lagu anak sangat minim. Anak-anak lebih familiar dengan lagu orang dewasa yang lirik-liriknya tentu tidak cocok untuk mereka. Untuk itulah, PT Amnar Awandi Kazoku pada tahun 2020 mengeluarkan produk lagu dan animasi anak Indonesia dalam cerita Hoala dan Koala.

Lagu dan animasi anak Hoala Koala juga disesuaikan dengan kondisi perkembangan media digital saat ini. Harapannya, animasi lagu ini mudah diterima oleh anak-anak yang tumbuh di era digital seperti sekarang.

Lagu-lagu yang disajikan berbahasa Indonesia dengan maksud agar bahasa Indonesia juga tidak luntur ditengah berkembangnya bahasa asing di masyarakat. Sedangkan kontennya berisi lagu-lagu yang mengandung nilai-nilai baik dan bisa jadi sumber belajar yang menyenangkan.

Dimana kita bisa akses Hoala dan Koala?

Sampai saat ini, Hoala dan Koala sudah hadir dalam 6 album yang memiliki sekitar 45 lagu. Kalian bisa menonton di YouTube, Spotify dan juga ada di iTunes.

Review lagu anak cuci tangan Hoala dan Koala

Lagu cuci tangan Hoala dan Koala
Tontonan menarik Hoala dan Koala

Lagu anak cuci tangan Hoala Koala merupakan lagu favorit anak saya. Lagu yang related banget dengan kondisi sekarang kan? Bahwa semua orang harus taat prokes termasuk anak-anak yang harus rajin cuci tangan.

Oiya, selain enak didengarkan dan mudah dihafal, lagu anak cuci tangan ini liriknya juga sederhana. Lirik lagunya mengajak anak-anak agar selalu cuci tangan setiap habis beraktivitas seperti sehabis main di luar, pegang benda-benda, dan sebelum makan.

Baca juga :

Menurut saya lagu-lagu animasi 3D ini bermanfaat banget. Sangat membantu para orang tua memilih lagu dan tontonan yang bagus, menarik, edukatif dan sesuai usia anak-anak.

Kalian gimana nih Parents? Yuk coba buka dan kasih ke anak-anak kita. Pasti nggak nyesel deh!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *