Home » Rempah-rempah Khas Indonesia Dan Segudang Manfaat Untuk Kecantikan Dan Kesehatan

Rempah-rempah Khas Indonesia Dan Segudang Manfaat Untuk Kecantikan Dan Kesehatan

Rempah-rempah khas Indonesia dan segudang manfaat untuk kecantikan dan kesehatan. Apa yang ada dalam benak kalian tentang rempah-rempah? Bumbu masak? Jamu? Obat herbal? Atau teringat sejarah tentang penjajahan?

Well, semuanya benar. Jadi, rempah-rempah Indonesia ini memang memiliki banyak manfaat. Bisa sebagai bumbu masakan, sebagai bahan obat, sebagai bahan produk kecantikan dan memang kedatangan bangsa Eropa pun karena Indonesia kaya akan rempah-rempah ini.

Bagi saya, manfaat penggunaan aneka rempah di rumah sangat beragam. Selain sebagai bumbu masak, kami gunakan juga sebagai jamu atau minuman kesehatan untuk menjaga badan tetap sehat, bugar dan cantik.

Rempah-rempah khas Indonesia

Sejarah pemanfaatan rempah-rempah untuk kecantikan dan kesehatan

Sebelum Pandemi, saya sempat mengunjungi museum Atsiri Indonesia di Karanganyar. Banyak informasi yang menarik dan dapat kita gali tentang penggunaan minyak atsiri dari rempah ini untuk kecantikan dan kesehatan.

Rempah-rempah khas Indonesia telah digunakan sebagai bahan kecantikan dan kesehatan oleh nenek moyang sejak ribuan tahun lalu. Kita bisa lihat rekam jejaknya ada di relief Karmawibhangga candi Borobudur panel 18-19.

Relief Karmawibhangga candi Borobudur ini menjadi salah satu bukti otentik penggunaan rempah dan minyak Atsiri untuk kecantikan dan pengobatan. Di sana, pada relief ini diceritakan seseorang sedang diobati dengan cara badan dan perutnya diolesi dengan minyak Atsiri.

Aneka jenis rempah yang bisa dimanfaatkan untuk kecantikan dan kesehatan

Indonesia itu alamnya kaya raya. Memiliki lebih dari 3.000 jenis tanaman yang bisa diproses menjadi minyak Atsiri. Banyak sekali bukan? Dengan aneka jenis tanaman ini tersebar di seluruh wilayah Indonesia.

Semua tanaman Atsiri ini mudah tumbuh di berbagai daerah. Tanaman kopi, teh, cengkeh, adas, akar wangi, bahkan tanaman perdu yang banyak manfaatnya mudah kita dapatkan. Sungguh sangat kaya sekali kan tanah Indonesia?

FYI, tahun 1963 Indonesia sudah memiliki pabrik penyulingan minyak Atsiri dan jadi yang terbesar di Asia, lho? Namun sayang, kejayaan pabrik ini tidak bertahan hingga kini.

Baca juga : Rumah Atsiri Indonesia

Manfaat rempah-rempah pada masyarakat modern

Ketika teknologi semakin berkembang, tak lantas membuat kita meninggalkan kebiasaan nenek moyang dalam penggunaan rempah ini. Baik yang masih diproses secara tradisional atau diproduksi secara modern, untuk aneka makanan, jamu dan obat-obatan herbal masih banyak dipilih.

Saya senang sih, banyak event seperti festival jamu yang mengenalkan aneka manfaat dari rempah ini pada generasi muda. Tujuannya, agar lingkungan terjaga, masyarakat sejahtera dan kekayaan alam Indonesia tetap lestari. So, rempah-rempah ini masih menjadi salah satu komoditas lokal yang menjanjikan baik kini ataupun masa depan.

Baca juga : Festival Kopi Santri Nusantara

Rempah-rempah khas Indonesia sebagai komoditas lokal yang menjanjikan

Indonesia masih mengandalkan rempah-rempah sebagai komoditas lokal yang mampu bersaing di pasar internasional. Selain ekspor udang, hasil perikanan dan kopi tentunya.

Dari sekian banyak rempah, lada dan pala merupakan jenis rempah unggulan Indonesia yang diakui dunia. Lada disebut sebagai king of spices, merupakan salah satu rempah terpenting di dunia. Rempah ini digunakan sebagai bahan baku bumbu masakan, kosmetik dan obat-obatan.

Indonesia harus mampu melihat ini sebagai sebuah peluang. Kemudian bisa memanfaatkan potensi dengan meningkatkan hasil rempah menjadi komoditas berkelanjutan serta visi ekonomi lestari akan terwujud.

Kita harus selalu optimis bahwa permasalahan alam di Indonesia bisa menemukan jalan keluar. Yuk semangat untuk tetap menjaga!

Baca juga :

25 tanggapan pada “Rempah-rempah Khas Indonesia Dan Segudang Manfaat Untuk Kecantikan Dan Kesehatan”

  1. Memang deh bahan2 rempah Nusantara banyak banget khasiatnya. Apalagi untuk perawatan dan kecantikan kulit mesti berbahan alami ya mbak. Lada dan pala mah menjadi unggulan dan kebutuhan buat kita semua, juga jamu yang biasa dikonsumsi baik untuk kesehatan.

  2. Indonesia memang kaya rempah-rempah.
    Coto Makassar aja konon bahannya dari 40 jenis rempah! Haha…

    Bahkan sejak zaman dahulu kala khasiat minyak yang terbuat dari rempah sudah terbukti digunakan. Bahkan ada reliefnya di Candi Borobudur.

  3. Sejak kecil bunda sangat bersahabat dengan macam rempah Indonesia ini melalui ndnek bunda. Apalagi di masa Pandemi ini semakinlah bunda sangat menyukai bahkan tak terpisahkan dengan ramuan istimewa rempah2 ini. Ramuan rempah adalah SESUATU bagi bunda bahkan bagi kita para perempuan utamanya perempuan2 Indonesia.

  4. alhamdulillah orangtuaku terutama Mamah selalu memberikan rempah-rempah untuk menjaga kesehatan terutama daya tahan tubuh. Terlebih kalo lagi PMS, dan sekarang jadi lebih memilih minum jamu ketimbang obat-obatan

  5. Di keluargaku penggunaan rempah-rempah biasanya untuk masakan Mbak. Beruntung banget sih dulu ikut nenek di desa jadi bisa kenal lebih banyak rempah-rempah. Soalnya desa tempat nenek penghasil rempah-rempah seperti cengkeh, temulawak, kapulaga dan sebagainya.

  6. Rempah-rempah di negeri kita menjadi lebih terasa manfaatnya sejak pandemi ya mbak. Awal dulu harganya sampai naik berlipat kali. Karena manfaatnya yang beragam jadi makin banyak yang memakai sebagai wedang, masakan, atau kecantikan

    1. Ngomongin rempah jadi inget masakan Indonesia yang diadopsi dari Eropa seperti selat solo. Walaupun menunya sayuran dan daging, citarasanya kaya pala sama lada. Jadi rasanya mantap, ngga hambar.
      Makanya penjajah dulu doyan masukin rempah ke menu masakan

  7. Jadi inget dulu salah satu yang bikin Indonesia incaran para penjajah karena katanya kekayaan rempahnya. Mestinya sekarang di zaman modern, Indonesia bisa menguasai dunia. Ditunjang dengan teknologi mestinya bisa menawatkan rempah dengan nilai tambah yang besar, ya

  8. Indonesia tuh emang luar biasa loh, apa saja yang tumbuh di bumi ini bahkan dicari oleh orang di belahan benua lain. Contohnya ya lada itu, sejak jaman dulu orang Eropa berlayar untuk menemukan sumber penanam lada.

  9. Kemarin juga barusan baca tentang merapah rempah dari national geographic. Memang sangat beragam rempah-rempah di Indonesia. Dan semua banyak manfaatnya..Tinggal lebih serius dikembangkan.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *