5 Tindakan Preventif Yang Mudah Buat Kamu Agar Terhindar Dari COVID-19

Hai Teman, Masih banyak tenaga kan untuk melawan COVID-19?

Okay, kita semua sudah mulai paham kan tentang bahaya corona virus. Mungkin kalau imun kita kuat, insya Allah kita menang perang dengan si virus jahat ini. Tapi buat mereka yang punya riwayat penyakit seperti jantung, paru-paru, diabates rentan sekali dan mereka punya resiko lebih besar dikalahkan si corona.

Katanya nih, virus itu memang sebetulnya bisa dikalahkan sama sistem imun. Untuk meningkatkan imunitas tubuh, kita bisa bantu dengan obat-obatan atau vaksin, tapi kita tahu kan? Sampai saat ini vaksin untuk corona virus ini belum ada. Maka itu, untuk meingkatkan imunitas bisa juga kita upayakan lewat kualitas atau pola hidup yang baik.

Ada beberapa langkah atau tindakan preventif yang mudah kita lakukan agar terhindar dari COVID-19. Paling tidak ada 5 hal. Apa saja kah itu? Simak ya!

1. Di Rumah Saja!

Sejak kapan mager itu bermanfaat buat dunia? Rebahan menjadi sumbangsih untuk memutus rantai penyebaran COVID-19? Sekarang ini lah waktunya teman-teman. Mudah banget.

Banyak hal yang bisa kita lakukan di dalam rumah. Pancing kreativitas diri agar bisa tetap berkarya. Oiya, bahkan untuk memperbaiki pola tidur. Tidur yang cukup di percaya dapat meningkatkan imunitas.

So, tetap di rumah! Keluar itu hanya untuk kepentingan mendesak dan bagi mereka yang memang wajib dan harus bekerja di luar. Dan saat keluar, pastikan pakai masker.

Untuk yang tetap punya kewajiban harus keluar, semangat!

2. Sering Cuci Tangan Pakai Sabun

Setiap kali kita habis pegang sesuatu yang sekiranya kotor dan bisa menyebabkan tertular covid-19, langsung cuci tangan. Misal, pegang uang, belanjaan, habis bepergian wajib cuci tangan. Pakai sabun ya?!

Cuci tangan pakai sabun diyakini bisa membunuh kuman atau virus. Jadi jangan malas ya! Pakai hand sanitizer boleh, jika jangkauan air mengalir memang sulit ya?!

3. Pakai Masker!

Ayo jangan lupa pakai maskermu! Masker juga bermanfaat untuk memutus penyebaran COVID-19, lho?!

Corona virus ini bisa menular dari droplet atau cairan yang keluar dari penderita COVID-19. Biasanya droplet ini keluar saat batuk atau bersin. Makanya, jika tidak di tutup atau di tahan resiko tertular sangat besar.

Untuk itulah, pemerintah pun sudah mewajibkan kita untuk selalu memakai masker. Masker kain saja cukup kok, ini juga sebagai bentuk kepedulian kita mendukung para tenaga kesehatan. Masker bedah dan N95 langka di pasaran dan harganya pun melambung tinggi.

Baca juga DIY Masker Kain 2 Lapis

4. Jaga Jarak

Permisi, maaf ya jangan dekat-dekat! Terimakasih.

Nah, jarak aman ketika kita ketemu banyak orang atau terpaksa harus ada di tempat umum sekitar 1 meter. Lebih aman lagi 2 meter.

Bukan hanya saat ketemu dengan orang saja, namun di dalam kendaraan pun harus diatur jaraknya. Naik sepeda motor tidak boleh berboncengan, di dalam mobil pribadi, atau transportasi umum tempat duduk juga harus dibatasi.

5. Konsumsi Makanan Sehat

Perbanyak konsumsi buah dan sayur. Hal ini bermanfaat banget buat badan biar lebih sehat dan bugar. Niscaya imun tubuh akan naik.

Selain makan sehat, jangan lupa banyak minum air putih juga. Berjemur dan olahraga di rumah. Dan yang tak kalah penting, bahagia, jangan banyak pikiran.

Sekian, semoga bermanfaat. Eh, iya nih, mumpung masuk Ramadhan, yuk perbanyak minta sama Tuhan, biar COVID-19 ini segera musnah.

Bacaan Lain Tentang COVID-19

Gambar dari pixabay, di edit dengan phonto dan canva

Tabik

Lina Sophy

Mungkin Anda juga menyukai

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *