Tips Hemat Lebaran di Kala Pandemi

Lebaran tinggal menghitung hari. Kita sudah memasuki sepertiga terakhir bulan ramadhan. Persiapannya bagaimana? Yang pasti saya yakin tidak seperti lebaran sebelumnya.

Di tengah pandemi yang penuh ketidakpastian entah sampai kapan berakhir, lebaran pun harus berhemat. Jangan sampai kondisi keuangan setelah lebaran mengalami penurunan sampai tak berdaya.

Tips Lebaran Hemat

Ada beberapa kebutuhan lebaran yang alokasi dananya bisa kita pangkas atau malah untuk tahun ini ditiadakan. Beberapa tips yang bisa kita coba untuk menghemat lebaran kala pandemi ini antara lain:

1. Menu lebaran sederhana

Masih boleh masak ketupat dan opor ayam. Tapi porsinya di sesuaikan dengan kebutuhan orang di rumah. Sepertinya lebaran ini memang masih tetap di rumah saja.

Baca juga Lebaran Kita Terap di Rumah Saja

Seandainya harga ayam pas lebaran naik, ya kita bisa ganti dengan menu yang lebih sederhana. Ini bakal menghemat anggaran banget.

Kalau kami, karena tinggal di kampung pelihara beberapa ekor ayam masih bisa manfaatkan. Potong ayam peliharaan sendiri.

2. Persiapan kue lebaran secukupnya

Jika biasanya persiapan kue lebaran menghabiskan banyak dana, lebaran kali ini bisa kita pangkas. Tidak usah terlalu banyak, karena memang lebaran di rumah saja. Dan kemungkinan besar silarurahmi juga terbatas.

Baca juga Resep Peanut Cookies

Jika kita biasa membeli aneka kue, lebaran kali ini bisa dengan membuat sendiri. Banyak waktu luang juga selama di rumah saja. Seru-seruan bareng keluarga membuat kue lebaran. Resepnya bisa kita cari di internet.

Baca juga Ini dia akun media sosial yang bisa bikin kamu jago masak di dapur

3. Tidak beli baju lebaran

Biasanya anggaran baju lebaran keluarga kalian berapa juta? Ehehehe. Lebaran kala pandemi itu lebaran yang berbeda. Ada physical distancing. Kita dianjurkan untuk di rumah saja. So, beli baju lebaran bisa ditunda dulu ya? Kita masih bisa pakai baju lama, kok.

Baca juga Lebaran tahun ini, beli baju baru atau pakai baju lama?

4. Bijak menggunakan kuota

Nah, ini dia. Kuota itu sudah jadi kebutuhan pokok manusia modern. Nggak bisa hidup kalau nggak ada kuota. Untuk berhemat, bijak menggunakan dan memilih kuota yang murah meriah tapi sinyal tetap bagus.

Baca juga Silaturahmi setiap hari tak boleh berhenti meski di tengah pandemi

5. Tetap berbagi dengan sesama

Hemat itu bukan dengan cara menghilangkan hak orang lain, ya? Berbagi dengan sesama tetap, apalagi yang hukumnya wajib seperti zakat.

Untuk sedekah, tidak harus dengan uang yang banyak. Bisa dengan apa saja semampu kita. Bukan kah dengan berbagi, kita juga menerima nikmat yang lebih banyak?

Well, demikian tips hemat lebaran di kala pandemi ala saya. Lebaran sederhana, tidak masalah kan?

Tabik,

Lina Sophy

Mungkin Anda juga menyukai

1 Respon

  1. Setuju mbak, apalagi skrng masih banyak saudara kita yang lebih membutuhkan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *