Home » Tips Mengatasi Kulit Belang Dan Hitam Akibat Berenang

Tips Mengatasi Kulit Belang Dan Hitam Akibat Berenang

Tips mengatasi kulit belang dan hitam akibat berenang.

Berenang merupakan aktivitas olahraga yang menurut saya paling menyenangkan. Mungkin karena efek saya yang baru mulai belajar berenang. Olahraga ini dipercaya paling maksimal saat membakar kalori. Selain semua badan yang bergerak, pernafasan juga jadi membaik dan tidak mudah ngos-ngosan. Itu sih, yang saya rasakan.

Namun di balik segudang manfaat dari berenang, ada hal yang membuat saya sering merasa khawatir. Kulit menjadi kusam, wajah, tangan dan kaki jadi belang-belang. Dan ini sempat bikin merasa minder dan mau berhenti buat belajar berenang. Iya, karena merasa tangan dan kaki kayak zebra, heuheu!

Rasa kekhawatiran itu membuat saya merasa harus banyak mencari informasi agar belang-belang di badan bisa segera teratasi. Dan Alhamdulillah, sekarang meskipun rutin berenang warna kulit tidak belang seperti pada awal saya latihan berenang.

Mengapa air kolam bisa bikin badan jadi hitam?

Ya iya lah kan berenangnya siang hari dan kena sinar matahari!

Betul sekali, jika berenang siang hari dan langsung kena paparan sinar matahari otomatis kulit jadi hitam! Namun yang saya mau infokan bahwa berenang sore atau malam hari pun kulit akan tetap kena efek dari sinar matahari, loh!

Jadi menurut informasi yang saya dapat, air itu sifatnya mengumpulkan cahaya matahari saat siang dan tidak memantulkannya. Cahaya tersebut akan tetap tersimpan sehingga pada sore atau malam, air kolam masih memberikan efek bagi kulit kita.

Selain sinar matahari, ternyata penggunaan kaporit dalam kolam renang juga akan berdampak pada kulit. Akibat dari zat kaporit ini selain membuat kulit gelap juga membuat kulit kusam.

Nah jadi sekarang ketemu nih penyebab yang membuat kulit kita jadi kusam, belang dan hitam jika habis berenang. Kalau sudah tahu penyebab, kita akan lebih mudah untuk cari solusinya kan? So, mari simak tips mengatasi kulit belang dan hitam akibat berenang. Cekidot!

Baca juga :

Tips mengatasi kulit belang dan hitam akibat berenang

Pada intinya, yang harus ditekankan adalah bahwa berenang sangat bermanfaat bagi kesehatan. Jadi jika kulit menghitam, itu hal yang wajar. Namun, jangan sampai kulit rusak gara-gara berenang. Ya kan?

Nah, sekarang saya bagi tips mengatasi kulit belang dan hitam akibat berenang yang sudah saya buktikan sendiri.

1. Menggunakan lotion tabir surya/sunblok

Penggunaan sunblok ini penting untuk melindungi kulit dari bahaya UV sinar matahari. Istilahnya kalau kita mau maju perang, kita sudah punya tameng.

Untuk merek produk bebas saja, tapi usahakan menggunakan SPF 50. Karena sunblok SPF 50 ini lebih melindungi dan menangkal sinar ultraviolet.

2. Berenang tidak terlalu lama

Seperti yang saya singgung di atas, bahwa penggunaan kaporit dalam air kolam akan menimbulkan efek kusam pada kulit maka waktu berenang juga harus dibatasi. Olahraga yang berlebihan juga kan tidak baik, jadi berenang juga secukupnya. Setelah selesai berenang juga disarankan untuk segera bilas dengan air bersih.

3. Eksfoliasi dengan peeling atau scrub

Tips ampuh untuk menghilangkan belang pada kulit selanjutnya adalah dengan luluran pakai scrub. Fungsinya untuk eksfoliasi atau pengangkatan sel kulit mati.

Untuk scrub, saya pakai produk body scrub dari Scarlett Whitening varian kopi. Kandungan dan manfaatnya banyak yaitu untuk mengangkat sel kulit mati, menghidrasi kulit dan melembabkan, mencerahkan kulit dan yang spesial adalah efek aroma kopinya yang bikin rileks dan menenangkan.

Baca juga :

4. Menggunakan produk pelembab atau pemutih kulit

Pemakaian body lotion yang teratur akan membantu proses pencerahan kulit dan menghilangkan belang-belang. Yang harus kalian perhatikan adalah jangan sampai pilih produk yang mengandung bahan berbahaya seperti steroid dan merkuri. Memang zat berbahaya ini bisa memutihkan secara instan, tetapi bahaya jangka panjangnya sangat membahayakan kesehatan.

Untuk produk body lotion saya pakai Scarett Fragrance Brightening Body Lotion Jolly. Karena selain terbukti ampuh mencerahkan, aman digunakan, wanginya itu yang spesial.

Rekomendasi body lotion untuk mengatasi kulit belang dan hitam akibat berenang

Penggunaan body lotion penting bagi kulit kita agar tetap lembab dan sehat. Untuk mengatasi kulit belang dan hitam akibat berenang harus pilih body lotion yang sekaligus pemutih kulit.

Scarett Fragrance Brightening Body Lotion Jolly

Kalian yang sudah pernah cobain varian Jolly pasti tahu keistimewaan produk Scarlett yang satu ini. Wanginya yang super mewah Floriental Gourmand. Katanya sih terinspirasi dari wanginya YSL Black Opium.

Selain wanginya, kenapa saya rekomendasikan produk Scarlett body lotion Jolly ini adalah karena dua kandungan utamanya antara lain :

  • Kojic acid yang berfungsi untuk meratakan warna kulit atau hiperpigmentasi.
  • Glutathione yang bermanfaat sebagai penangkal radikal bebas, meregenerasi sel kulit mati dan juga mengubah produksi melanin dan mencerahkan kulit.

Alasan pilih Scarlett body lotion Jolly

Selain dari manfaat setelah pemakaian produk Scarlett whitening body lotion Jolly, ada alasan lain yang bikin saya pilih Scarlett. Dan ini penting sekali sebagai bahan pertimbangan untuk memilih produk perawatan kulit.

  1. Legalitas terjamin, semua produk Scarlett sudah terdaftar BPOM. Selain itu kita bisa cek keaslian produk dengan scan barcode yang ada di kemasan produk.
  2. Halal, sudah dibuktikan dengan sertifikat halal dari lembaga MUI
  3. Tidak mengandung bahan berbahaya.
  4. Harganya masih masuk akal

Bagaimana cara mendapatkan produk Scarlett?

Untuk membeli produk yang asli caranya mudah, bisa lewat akun Instagram Scarlett by Felicya Angelista atau akun Shopee Scarlett official shop.

Sekian, semoga tips ini membantu dan bermanfaat bagi yang punya masalah dengan warna belang pada kulit.

21 tanggapan pada “Tips Mengatasi Kulit Belang Dan Hitam Akibat Berenang”

  1. saya ga terlalu bisa berenang. masih suka panik kalau di tempat yg dalam wkwkkw. Tapi berenang mrmang menyenangkan krn badan gerak semua dan anti sumuk 🙂

    Minggu lalu saya berenang di pantai, waaah belaaangnya nampak kaliiiiii…

    Memang harus kasih tindakan pra dan pasca extra utk meminimalisasi belang krn berenang

  2. Hem… Akhirnya ketahuan juga apa penyebab dari kulit kita midah belang saat berenang. Apalagi kalau matahari pas terik-teriknya ya…?
    Tipsnya mudah diingat juga nih. Jadi nanti bisa dipraktikkan langsung. Terimakasih ya

  3. Padahal siang pas panas gitu kan seger banget ya nyemplung ke kolam renang, tapi ternyata malah bisa bikin kulit menghitam ya mbak. Jadi emang perlu diterapkan tipsnya yang ditulis di artikel ini

  4. Memang benar salah satu yang bikin saya enggan berenang juga seperti itu, bikin kulit belang dan kasar serta kusam. Padahal sudah berusaha berenang sore agar tidak terkena matahari. Eh ternyata air kolam menyimpan sinar matahari ditambah lagi kaporit ya, p itu juga yang membuat rambut jadi tidak sehat. Nah kalau menggunakan scsrlett scrub, bisa digunakan juga langsung saat bilasan habis berenang ya mbak? Mumpung kulit mati sedang lembek, kita singkirkan dengan scrub 😀

  5. Oh jadi air itu sifatnya ga memantulkan lg cahaya matahari yg diserap ya. Pantes aja aku tiap renang pasti bawaannya gosong udahnya haha.
    Pake rangkaian body care dari Scarlett ini bisa membantu mencerahkan akibat renang ya

  6. Aku belangnya karena naik motor kemana-mana huhuhu….Pas bener nih buat solusi ya Scarlett body scrub varian kopi. Kusuka kopi jadi pas nih bisa sekalian menikmati harum kopinya.
    Juga mau coba ah Scarlett body lotion yang varian Jolly , kepo sama wanginya yang super mewah Floriental Gourmand yang terinspirasi dari wanginya YSL Black Opium.

  7. Baru tahu kalau berenang pas sore tetap bisa bikin kulit belang. Makasih infonya, Mbak. Kalau saya dulu belang karena nyetir, sih. Jadi telapak tangan tuh pasti lebih gelap. Coba ah, scrub pakai Scarlett siapa tahu jadi lebih rata.

  8. Jadi inget dulu pas skolah ga pake suncreen apapun, hahha. Jadilah kulit wajah belang banget.
    Syukurlah pas SMA udah hilang
    Tips menarik nih mbak buat atasi kulit belang. Salahsatunya dg scrub dan Body Lotion dari Scarlett Whitening,. Jadi g khawatir klo mw panas2an di luar ruangan. TFS ya mba

  9. Oohh ternyata air itu sifatnya mengumpulkan cahaya matahari saat siang dan tidak memantulkannya ya jd bikin kulit belang. Setuju aku pemakaian body scrub dan lotion teratur bikin kulit sehat.

  10. Aku juga pengin bisa berenang. Kadang pengin bisa renang. Tapi cari guru renang wanita sepertinya susah di sini. Atau saya yang gak tau ya.

    Nah iya berenang bikin kulit kusam. Butuh hand body yang melembabkan dan mencerahkan ya

  11. sudah lama sejak pandemi datang, saya dan anak-anak enggak pernah berenang lagi. Kangen banget lihat foto mbak dan putranya main berenang di kolam, menyenangkan banget. Apalagi sekarang udah enggak perlu khawatir kulit belang karena kelamaan berenang ya. Karena ada scarlett body lotion. Saya juga pakai mbak. Memang melembabkan dan memutihkan kulit. Wanginya juga saya sukaaa

  12. Alhamdulillah beberapa varian produk scarlett yang sudah saya cobain cocok semua dengan jenis kulit saya.
    Makanya jadi kepo wal penasaran juga pengen deh nyobain produk body scrub dari varian kopi ini. Juga hand bpdy Jolly ini…eheemmm palagi aromanya yang diilhami wanginya YSL Black Opium, dudududu…tentunya so haruuuum sepanjang hari kali ya

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *