Tradisi Lebaran di Indonesia

Sumber bp-guide.id

Assalamu’alaikum,

Makin mendekati hari lebaran nih, tinggal menghitung hari. Sudah mulai persiapan mudik atau malah sudah mudik nih kalian?

Nah, ngomongin lebaran di Indonesia, ada beberapa tradisi lebaran yang khas. Apa saja kah itu?

1. Mudik

Nah ini dia tradisi lebaran yang tidak akan hilang dari Indonesia. Mudik ke kampung halaman bagi para perantau itu setengah wajib di lakukan. Ini yang membuat hari-hari jelang lebaran seperti ini macet dimana-mana.

Baca juga Hal Yang Harus Disiapkan Saat Mudik

2. Beli Baju Lebaran

Nah, beli naju lebaran juga merupakan tradisi lebaran di Indonesia. Entah siapa yang memulai tradiai ini. Lebaran pasti identik dengan beli baju lebaran.

Baca juga Tips Belanja Baju Lebaran Online

3. THR

Tunjangan hari raya ini merupakan tradisi lebaran juga. Penerima THR ini biasanya para pekerja di instansi baik pemerintah, bumn ataupun swasta. Manfaatnya ya untuk keperluan ramadahn dan lebaran.

Baca juga Tidak Panik Meski Tidak Terima THR

4. Ketupat

Sejak Islam masuk dan dikenalkan oleh walisongo, ketupat termasuk salah satu tradisi lebaran yang dikenalkan dan masih bertahan sampai sekarang. Biasanya ketupat ini dipadukan dengan opor ayam, rendang, sambel goreng kentang atau sambel goreng ati. Rasanya hampir semua masyarakat Indonesia selalu menyajikan menu ketupat di hari lebaran.

Baca juga Resep Ketupat Praktis dengan Presto

5. Silaturahim

Silaturahim ke sanak saudara dan handai tolan juga merupakan tradisi lebaran di Indonesia. Dengan melakulan silaturahim ini juga bermanfaat untuk menjalin keeratan kekeluargaan mengenalkan keluarga bagi anak-anak.

6. Sungkeman

Sungkeman merupakan tradisi lebaran juga di Indonesia. Moment Idul Fitri, ketika datang hari kemenangan dianjurkan juga untuk saling maaf memaafkan. Sehingga moment idul fitri sebagai hari kemenangan digunakan untuk saling memaafkan.

7. Kue Lebaran

Selain menu ketupat dan opor, ada tradisi lebarang di Indonesia lagi nih yang hubungannya dengan makanan. Setiap rumah pasti menyajikan kue lebaran kan? Ada beberapa kue khas lebaran seperti kue satu, sagon, aneka nastar dan lain-lain. Usaha kue kering ini juga laris manis nih jelang hari lebaran.

8. Salam Tempel (angpao)

Ketika saya kecil, hal yang paling ditunggu adalah salam tempel. Meski uang kecil karena banyak yang ngasih jumlahnya jadi banyak juga. Jadi selain buat jajan dan main, masih bisa nyisihin buat tabungan.

9. Uang Baru

Salam tempel atau angpao lebaran biasanya uangnya maaih baru. Beberapa bank dan lembaga keuangan menerima jasa penukaran uang yang peminatnya nggak sedikit. Jadi menukar uang baru juga jadi tradisi lebaran di Indonesia.

10. Rekreasi

Tradisi lebaran di Indonesia yang lain yaitu rekreasi dihari setelah hari lebaran. Tempat wisata akan banjir pengunjung dipadati wisatawan.

Itu saja tradisi lebaran di Indonesia versi saya. Mungkin ada yang terlewat, boleh banget kalau mau menambahkan.

Sekian ceritaku, salam.

Mungkin Anda juga menyukai

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *